Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

Cerdas Berprestasi! Siswi Sakura Raih Juara 2 Lomba Cerdas Cermat Tingkat SMA Se-Kabupaten Badung

HEBAT: Siswa SMA Negeri 1 Kuta Utara (Sakura) raih juara 2 lomba cerdas cermat tingkat Kabupaten Badung yang diselenggarakan oleh Perbarindo (Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia). 

 

BADUNG,Balipolitika.com- Lomba Cerdas Cermat (LCC) Kabupaten Badung Tahun 2023 berhasil menorehkan tinta emasnya berupa prestasi gemilang bagi sekolah SMA Negeri 1 Kuta Utara (Sakura). Lomba ini digelar serangkaian kegiatan Seminar Edukasi dan Literasi Keuangan selenggarakan oleh Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) DPK Badung bekerja sama dengan MKKS SMA Kabupaten Badung mendapatkan apresiasi dari para perserta terkhusus para penonton.

LCC pada dasarnya adalah sebuah kompetisi yang menguji pengetahuan dan kemampuan berfikir para peserta yang turut berpartisipasi. Lomba Cerdas Cermat ini diselenggarakan pada Sabtu, 6 mei 2023 dengan materi yang dilombakan seputaran perbankan mulai dari bank sentral, bank umum, BPR, produk bank, uang dan menyongsong tema “EDUFIN FOR BETTER LIFE”. Tujuan diadakannya lomba ini supaya anak-anak gen z saat ini lebih aware terhadap keuangan dan kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan ini.

Sakura mengirimkan tiga perwakilan yaitu Putu Nadia Giovani Putri dari kelas XI IPS 2, Kadek Dini Yanti Putri dari kelas XI IPS 2, dan Kadek Sriani Cahya Putri dari kelas X.7. Meskipun saat itu mereka sedang mengikuti kegiatan pembinaan untuk persiapan OSN-K Ekonomi, tetapi Pak Adhi selaku guru Pembina mereka yang juga merupakan guru ekonomi di Sakura menunjuk mereka langsung sebagai perwakilan LCC mewakili Sakura.

Sistem seleksi lomba ini dimana di babak penyisihan tiga perwakilan Sakura tersebut bersaing dengan sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Badung dan memperoleh peringkat kedua lalu lolos ke babak final. Lombanya dibagi menjadi babak penyisihan, yang dimana babak penyisihan ini menjawab soal mandiri yang kemudian di akumulasi menjadi skor tim dan dalam babak ini hanya menentukan 4 tim terbaik yang akan di loloskan ke babak final. Babak final ini dibagi menjadi 4 babak yaitu; tebak gambar, tebak kata, ping pong question, dan cepat tepat.

Sekolah yang lolos ke babak final yaitu: SMA Negeri 1 Kuta Utara, SMA Negeri 1 Kuta, SMA Taruna Garuda, dan Jembatan Budaya School. Sekolah tersebut dipilih oleh juri yang merupakan bagian dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Yang dimana juara 1 diraih oleh sekolah SMA Taruna Garuda, Juara 2 diraih oleh SMA Negeri 1 Kuta Utara, juara 3 diraih oleh SMA Negeri 1 Kuta, dan juara harapan di raih oleh Jembatan Budaya School.

“Kesannya sangat wah banget, karena bisa dapat pengalaman baru juga. Tapi sejujurnya greget banget karena di babak final dari keempat babak, Sakura selalu unggul, tetapi karena selisih 1 soal saja di akhir beda tipis jadinya di rebut jawabannya oleh tim lawan,” ujar Nadia. Pesannya, semoga melalui hal ini bisa membuat anak Sakura untuk lebih berani lagi dalam mencoba hal apapun itu. (sintya dewi, andrew -JCo).

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!