Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

Alumni FKH Unud Gelar Pelatihan Kesejahteraan Hewan Ternak di Badung

FARM ANIMAL WELFARE: Alumni Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana (FKH Unud) menyelenggarakan kegiatan pelatihan tentang kesejahteraan hewan ternak (farm animal welfare) pada Sabtu, 4 Maret 2023 di Ruang Sidang Lt1 Gedung FKH Udayana di Bukit Jimbaran, Badung.

 

BADUNG, Balipolitika.com- Alumni Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana (FKH Unud) menyelenggarakan kegiatan pelatihan tentang kesejahteraan hewan ternak (farm animal welfare) pada Sabtu, 4 Maret 2023 di Ruang Sidang Lt1 Gedung FKH Udayana di Bukit Jimbaran, Badung.

Kegiatan pelatihan yang mengambil tema ‘Knowing the Concept of Farm Animal Welfare as A Veterinarian’ itu didukung oleh Compassion in World Farming (CIWF) yang merupakan LSM internasional berlokasi di Inggris dan berfokus pada kesejahteraan hewan ternak. Melalui program hibah CIWF yang bernama Farm Animals in Asia: Funding the Future, para alumni FKH Udayana atas nama drh Yohana Pratama dan tim berhasil mendapatkan dukungan dana hibah untuk pelaksanaan kegiatan tersebut.

Acara pelatihan dibuka oleh Dr drh I Wayan Sudira MSi selaku Wakil Dekan Tiga (WD3) Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana. Tidak hanya itu, acara pelatihan juga dihadiri langsung oleh perwakilan dari CIWF atas nama drh Gede Sanjaya selaku Grants Manager Indonesia di CIWF. Kegiatan pelatihan ini dihadiri oleh 25 peserta yang merupakan mahasiswa FKH Udayana dan juga para alumni yang telah berkarir sebagai dokter hewan.

Acara pelatihan ini membahas tentang konsep five freedom/lima kebebasan dan regulasi yang mengatur tentang kesejahteraan hewan ternak di Indonesia, di mana materi ini dibawakan oleh drh Kadek Karang Agustina MP, selaku dosen dari Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Pelatihan ini juga membahas tentang penerapan konsep kesejahteraan hewan ternak di Bali dan masalah apa saja yang sedang terjadi atau dihapai, di mana topik ini dibawakan oleh drh Ni Wajan Leestyawati MSi selaku tenaga penyuluh dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali.

Melalui pelatihan ini, tentu saja diharapkan bahwa calon dokter hewan lulusan FKH Udayana nantinya mampu memahami konsep kesejahteraan hewan ternak dan juga mampu menerapkan dan membagikan pemahaman tersebut kepada masyarakat khususnya peternak, sehingga praktik yang baik di dunia peternakan terkait kesehatan hewan akan semakin baik dan diharapkan mampu memberikan kehidupan yang layak bagi hewan ternak. (bp/Unud.ac.id)    

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!