Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Kesehatan

Lawan Stunting, Jaya Negara Serahkan Kendaraan Operasional Akseptor KB

LAWAN STUNTING: Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara saat menyerahankan secara simbolis kendaraan roda dua yang akan difungsikan untuk antar jemput calon Akseptor Keluarga Berencana (KB) tahun anggaran 2024 di kantor DP3AP2KB Kota Denpasar


DENPASAR, Balipolitika.com-
Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara menyerahankan secara simbolis kendaraan roda dua yang akan difungsikan untuk antar jemput calon Akseptor Keluarga Berencana (KB) tahun anggaran 2024 di kantor DP3AP2KB Kota Denpasar, Senin 20 Mei 2024.

Hal ini dilaksanakan guna mendukung optimalisasi tugas PKB/PLKB dalam mendukung penanganan stunting lewat pengendalian penduduk.

Turut hadir mendampingi Walikota Jaya Negara, Ketua TP PKK Kota Denpasar, Ny. Antari Jaya Negara, Sekda Kota Denpasar, IB Alit Wiradana serta OPD terkait lainnya.

Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara mengatakan bahwa pengadaan kendaraan roda dua tersebut merupakan kegiatan DAK Tahun Anggaran 2024. Dimana, anggaran ini diusulkan untuk pengadaan sarana prasarana percepatan penurunan Stunting sebagai sarana/prasarana Pengendali Operaional Lini Lapangan.

“Peruntukan kendaraan dinas itu ditujukan untuk meningkatkan mobilitas dan daya jangkau dalam melaksanakan tugas program Bangga Kencana di Lini Lapangan yang ada di 43 Desa/Kelurahan dengan total kendaraan sebanyak 43 unit,” ujarnya

Dikatakannya, penyerahan kendaraan secara simbolis di berikan kepada Penyuluh Keluarga Berencana (PKB), petugas lapangan Keluarga Berencana (PLKB Non ASN), dan Koordinator PKB/PLKB. Dengan adanya kendaraan tersebut, Jaya Negara berharap akan dapat menunjang pelaksanaan tupoksi dari PKB/PLKB di lapangan serta memberikan dampak positif bagi pengendalian penduduk.

Lebih lanjut Walikota Jaya Negara didampingi Kepala DP3AP2KB, IGA Sri Wetrawati mengatakan bahwa meningkatnya keserataan ber-KB dilaksanakan demi tercapainya program “Bangga Kencana”.

Selain itu, dengan adanya kendaraan operasional diharapkan memberikan kemudahan transportasi bagi calon peserta yang akan ber-KB khususnya, untuk masyarakat yang kurang mampu dan berada di wilayah khusus yang memerlukan transportasi.

Gung Wetrawati menambahkan, PLKB akan memberikan edukasi dan mendorong masyarakat di Kota Denpasar untuk ber-KB. Hal ini dilaksanalan dengan menghimbau keluarga muda yang sudah menikah untuk merencanakan periode memiliki anak, memperhatikan jarak antar kelahiran dan waktu yang tepat berhenti memiliki anak.

“Manfaatkan kendaraan ini sebaik-baiknya untuk pelayanan kita, apa-apa yang ada pada kendaraan ini jangan dibuka, biarkan begitu adanya, karena itu sudah di paketkan untuk kegiatan pelayanan,” ujarnya.

Pihaknya berpesan kepada semua pihak yang membidangi hal tersebut untuk memeriksa betul-betul kendaraan yang akan di serahkan. Dimana, kendaraan itu harus dalam keadaan siap pakai, tidak ada kerusakan, sesuai dengan kontrak kerja dengan pihak pengadaan. Di akhir kegiatan, Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara memberikan Kunci simbolis kepada perwakilan calon akseptor.(bp/luc)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!