Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

Mahasiswa Fapet Unud Belajar Ilmu Perlakuan terhadap Ternak

SAYANG TERNAK: Prodi Sarjana Peternakan, Universitas Udayana, khususnya pada Mata kuliah Ilmu Tilik Ternak mengajak mahasiswa semester 3 dengan dosen pengampu Dr. Ir. Ni Luh Putu Sriyani, S.Pt., MP., IPM., ASEAN Eng. untuk melakukan praktikum di lapangan, Jumat, 25 November 2022. 

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Prodi Sarjana Peternakan, Universitas Udayana, khususnya pada Mata kuliah Ilmu Tilik Ternak mengajak mahasiswa semester 3 dengan dosen pengampu Dr. Ir. Ni Luh Putu Sriyani, S.Pt., MP., IPM., ASEAN Eng. untuk melakukan praktikum di lapangan, Jumat, 25 November 2022.

Praktikum itu mengangkat topik tentang teknik pendekatan atau handling ternak.

Mahasiswa mengamati tingkah laku ternak dan praktek bagaimana cara memperlakukan ternak dengan baik dan benar.

Penanganan ternak ruminansia atau yang sering disebut dengan istilah handling adalah kegiatan perlakuan peternak terhadap ternak dengan baik dan benar.

Baik dan benar di sini mengandung arti bahwa perlakuan peternak terhadap ternak tidak menyebabkan stres, cidera, ternak tercekik, atau yang lebih fatal adalah ternak sampai mati.

Yang tidak kalah penting pada saat handling tersebut tidak menyebabkan petugas handling (handler) terinjak, tertanduk ataupun terseret oleh ternak tersebut.

Teknik atau cara bagaimana menangani ternak akan mempengaruhi tingkah laku atau prilaku setelahnya.

Perlakuan yang kasar terhadap ternak akan membuat ternak semakin memberontak dan ketakutan.

Semakin ternak ketakutan maka semakin susah atau sulit untuk ditangani. Karena ternak akan menjadi lebih liar dan ganas , bahkan kemungkinan besar ternak tidak dapat dikendalikan. (bp/Unud.ac.id)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!