Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

Pantang Cetak Sarjana Nganggur, Unwar Hadirkan MenkopUKM RI

NOTA KESEPAHAMAN: MenkopUKM RI, Teten Masduki jabat tangan Rektor Unwar, Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E., Sp.ParK., dalam kuliah umum, Selasa, 9 Agustus 2022.

 

DENPASAR, Balipolitika.com– Universitas Warmadewa (Unwar) Denpasar berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KemenkopUKM) RI menggelar kuliah umum “Young Entrepreneur Wanted”, Selasa, 9 Agustus 2022.

Kuliah Umum yang berlangsung di Auditorium Widya Sabha Uttama Unwar ini diisi langsung oleh MenkopUKM RI, Teten Masduki.

Diikuti mahasiswa Unwar, kuliah umum ini juga menghadirkan beberapa narasumber pengusaha muda.

Di antaranya Ajik Krisna (Owner Krisna Oleh-Oleh Bali), Irvan (Owner Unodelifood), Ni Luh Djelantik (desainer dan pengusaha muda), dan Jebret (Hiburan Komika Bali) yang dipandu oleh Budi Adi Putro dan Dr. Ni Luh Putu Indiani.

Kuliah Umum diisi dengan penandatanganan MoU antara Unwar dengan MenkopUKM RI tentang “Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat”.

Kerja sama ini bertujuan untuk menyiapkan dan melakukan riset terkait UMKM.

Upaya tersebut dilakukan agar produk UMKM, terutama di Unwar semakin unggul dan berkualitas sekaligus mencetak lebih banyak wirausaha muda dari kalangan perguruan tinggi Unwar.

MenkopUKM RI, Teten Masduki mengatakan kerja sama yang dilakukan dengan Unwar merupakan upaya dalam menyiapkan UMKM berbasis teknologi dan inovasi.

Menurutnya, dengan mengajak universitas-universitas di Indonesia dalam menyiapkan riset, maka UMKM mampu menghasilkan produk berkualitas serta memiliki keunggulan tersendiri.

Pada kesempatan tersebut, Teten juga melakukan dialog interaktif bersama beberapa mahasiswa Unwar yang telah memiliki usaha.

Di antara mereka sudah ada yang punya usaha.

Mulai dari usaha layangan, reseller telur ayam, dan lainnya.

Rektor Unwar, Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E., Sp.ParK., mengatakan bahwa generasi muda milenial terutama di kalangan pendidikan tinggi menjadi potensi besar untuk dijadikan para entreprenuer.

Pasalnya mereka memiliki sifat-sifat multitasking yaitu tidak puas dengan satu pekerjaan dalam kurun waktu tertentu apalagi di jaman serba digital saat ini.

Oleh karena itu, Prof. Widjana menyambut baik kehadiran MenkopUKM RI di Unwar yang memberikan pembinaan sekaligus kerja sama dengan Unwar.

Kerja sama ini terkait pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat terkait pengembangan UMKM untuk menciptakan entrepreneur muda di Unwar.

“Mudah-mudahan Pak Teten mampu memotivasi generasi milenial Universitas Warmadewa untuk beramai-ramai menjadi para entrepreneur. Apalagi, kami di Unwar mendukung para mahasiswa kami untuk berwirausaha melalui inkubator bisnis yang kami kembangkan di kampus,” ujar Prof. Widjana.

Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Provinsi Bali, Dr. Drs. Anak Agung Gede Oka Wisnumurti, M.Si., mengaku bangga karena Unwar dipilih menjadi tempat sosialisasi sekaligus pembinaan terhadap entreprenuer-entrepreneur muda Unwar oleh MenkopUKM RI.

Dikatakan, bahwa Unwar memiliki inkubator bisnis yang memiliki banyak tenant-tenant yang diikuti oleh para mahasiswa.

Diharapkan, kunjungan MenkopUKM RI ke Unwar semakin menambah semangat dan memunculkan entreprenuer-entrepreneur muda baru di Unwar.

Sehingga, produk-produk UMKM yang menjadi kekuatan Bali semakin inovatif dan kreatif yang nantinya menjadi keunggulan ekonomi Bali ke depan.

Sebelum memberikan materi kuliah umum, MenkopUKM RI didampingi Rektor Unwar beserta jajaran dan Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Provinsi Bali sempat meninjau tenant produk UMKM yang dikembangkan oleh para mahasiswa Unwar. (lit/bp)

 

 

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!