Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pemerintahan

Antari Jaya Negara Hadiri Puncak Peringatan HUT ke-44 Dekranas

REFLEKSI: Antari Jaya  Negara Hadir di HUT ke-44 Dekranas, Semangat Melestarikan Warisan Budaya Nusantara. (Sumber: Humas Pemkot Denpasar)

 

SURAKARTA, Balipolitika.com- Puncak Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), berlangsung di Kota Surakarta, pada Rabu, 15 Mei 2024.

Ketua Dekranasda Kota Denpasar, Sagung Antari Jaya Negara, beserta seluruh Ketua dan jajaran pengurus Dekranasda seluruh Indonesia, berkesempatan hadir pada acara yang juga dihadiri Ibu Negara Republik Indonesia, Iriana Joko Widodo dan Ketua Umum Dekranas, Ny. Hj. Wuri Ma’aruf Amin itu.

Diselenggarakan secara meriah, puncak peringatan yang mengusung tema “Tumbuh Bersama, Majukan Warisan Bangsa” tersebut , dikemas dalam acara syukuran akbar. Juga dirangkaikan pula dengan kirab budaya, pameran kerajinan hasil Dekranasda seluruh Nusantara, serta berbagai kegiatan hingga pertunjukan.

Ketua Dekranasda Kota Denpasar, Antari Jaya Negara yang didampingi Wakil Ketua Dekranasda Kota Denpasar, Ayu Kristi Arya Wibawa dan Ketua DWP Kota Denpasar, Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana di sela kegiatan berjalan mengemukakan, perayaan HUT ke 44 Dekranas tahun ini, diharapkan dapat menjadi refleksi dari semangat untuk terus melestarikan warisan kekayaan budaya Nusantara.

“Kami berharap, melalui perayaan tahun ini, semangat kebanggaan untuk melestarikan warisan dan kekayaan budaya Nusantara dapat terus berkobar dan menjadi bekal bagi generasi masa depan,” ujar Antari Jaya Negara.

Ibu Negara Republik Indonesia, Iriana Joko Widodo dalam sambutannya mengucapkan selamat hari ulang tahun kepada organisasi yang menaungi kerajinan nasional tersebut. Iriana yang secara resmi membuka acara tersebut, juga menyempatkan diri menyapa para peserta yang berjumlah sekitar 1.500 orang.

“Saya pangling semua, karena ibu-ibu pakai kain dari masing-masing daerah,” katanya.

Sementara itu, Ketua Umum Dekranas Hj. Wuri Ma’aruf Amin menyampaikan di usia Dekranas ke-44 ini diharapkan dapat semakin produktif dan perannya semakin besar untuk bangsa dan negara.

“Perjalanan panjang telah dilalui Dekranas. Berbagai program kerja telah didedikasikan untuk mengangkat derajat para pengrajin sehingga produknya semakin banyak diminati,” ujarnya.

Selebihnya, Wuri Ma’ruf Amin juga mengemukakan, keberadaan Dekranas kedepannya bisa diposisikan

bisa membantu pemerintah dalam meningkatkan ekonomi dan khususnya dari sektor kerajinan nasional yang merupakan warisan budaya Indonesia.

“Walau kini banyak modernisasi, kami mempunyai program-program yang juga membantu perajin melestarikan budaya Indonesia,” lanjut Wuri Ma’aruf Amin. (bp/gk)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!