Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

Prof. Banden Launching Logo Baru SMK TI Global

Logo Baru SMK TI Global

 

DENPASAR, Balipolitika.com- SMK TI Bali Global di bawah naungan Yayasan Widya Dharma Shanti Denpasar secara resmi mengubah logo sebagai identitas barunya. Kendati diubah, visi dan misi lembaga pendidikan itu tidaklah berubah..

Pembina Yayasan Widya Dharma Shanti Denpasar Prof. Dr. I Made Bandem mengatakan, logo baru itu mengandung folosofi yang dalam. Dimana logo baru itu kata dia adalah falsafah dari Tri Hita Karana.

“Diperkuat lagi dengan trilogi pendidikan yang dikembangkan oleh Ki Hajar Dewantara, Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani,” katanya di aula kampus ITB STIKOM Bali, Jumat (21/1/2022).

Lanjut dia, logi baru itu secara visual berupa nyala api, buku dan roda. Dimana pada bagian nyala api dengan sentuhan warna merah melambangkan semangat menyala. Logo baru SMK TI Bali Global itu juga didominasi bentuk kurva. Menurut Made Bandem, kurva-kurva tersebut membentuk gambaran angsa, buku yang terbuka dan roda yang menjadi simbol teknologi.

Angsa disini melambangkan wahana Dewi Saraswati atau Dewi ilmu pengetahuan. Dua buku yang terbuka melambangkan ilmu pengetahuan. “Satu buku berwarna kuning berarti jaman kejayaan atau golden age dan biru berarti kesuburan,” tambahnya.

Logo baru SMK TI Bali Global/Istimewa
Sementara itu, Ketua Yayasan Widya Dharma Shanti Denpasar, I Made Marlowe Makaradhwaja Bandem menambahkan, pembuatan logo baru itu dilakukan melalui sayembara dengan peserta dari ITB STIKOM Bali. Dimana sayembara itu melibatkan dosen, mahasiswa dan siswa serta guru peserta didik dari SMK TI Bali Global.

“Awalnya ada 10 desain yang diterima masuk nominasi. Dari sana diseleksi menjadi tiga logo,” ujarnya. Dari tiga logo itu dipilih lah satu logo sebagai pemenang. Logo itu lah yang saat ini menjadi logi baru dari SMK TI Bali Global. Logo yang menang itu adalah buah karya dari dosen ITB STIKOM Bali, I Gede Harsemadi bersama mahasiswa dari ITB STIKOM Bali I Gusti Ayu Amalia Aryanti. (dah/bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!