Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pemerintahan

Sosialisasi KIP, KI Bali dan Diskominfo Gianyar Rangkul Pemuda

HAK PUBLIK: Suasana sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) bertema Semangat Kebangkitan Nasional pada Era Keterbukaan Informasi Publik di Ruang Sidang I Kantor Bupati Gianyar, Selasa, 14 Mei 2024 pagi.

 

GIANYAR, Balipolitika.com- Komisi Informasi Provinsi Bali bersama Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gianyar menggelar sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) bertema Semangat Kebangkitan Nasional pada Era Keterbukaan Informasi Publik di Ruang Sidang I Kantor Bupati Gianyar, Selasa, 14 Mei 2024 pagi.

Sosialisasi tersebut menghadirkan para pengurus karang taruna sebagai peserta dan dihadiri oleh Pj. Bupati Gianyar I Dewa Tagel Wirasa, Sekda Gianyar I Dewa Gde Alit Mudiarta, Ketua Komisi Informasi Provinsi Bali I Made Agus Wirajaya, dan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Gianyar Anak Agung Gde Raka Suryadiputra.

Dalam sambutannya Pj. Bupati Gianyar I Dewa Tagel Wirasa mengungkapkan pentingnya peran anak muda dalam semangat keterbukaan informasi publik karena akses informasi terjadi paling tinggi pada anak-anak muda.

Peran anak muda dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik akan memberikan dampak penyelenggaraan pemerintahan dalam bentuk informasi-informasi yang dengan mudah bisa diakses oleh masyarakat khususnya pemuda.

Keterlibatan anak muda dalam mengakses informasi publik dan menggaungkan keterbukaan informasi publik, menjadi partisipasi aktif mereka dalam proses terbentuknya kebijakan publik.

“Dengan merangkul pemuda dalam hal ini karang taruna akan membuat keterbukaan informasi sejak usia dini untuk nantinya bisa diterapkan di lingkungan masing-masing guna memberikan informasi secara transparan dan terpercaya,” terangnya.

Diharapkan dengan keterlibatan pemuda atau karang taruna akan memberikan efek yang positif untuk perkembangan keterbukaan informasi publik yang ada di Kabupaten Gianyar.

Ketua Komisi Informasi Provinsi Bali I Made Agus Wirajaya menyampaikan pihaknya terus berupaya selalu berkolaborasi dengan pemerintah untuk terus menyosialisasikan tentang keterbukaan informasi.

Tujuan paling utama dalam keterbukaan informasi ini jelasnya adalah untuk menjamin hak masyarakat atas informasi.

Bebernya informasi di dunia sekarang terbilang sebagai kebutuhan; mungkin bisa dibilang tidak bisa hidup tanpa adanya informasi.

“Dengan adanya keterbukaan informasi kita harus bisa menyikapi dengan bijak, sehingga menjadi produktif untuk perkembangan khususnya Kabupaten Gianyar untuk kemajuan kita bersama,” ujarnya.

Peran serta pemuda khususnya karang taruna sangat diperlukan untuk menjadi garda terdepan dalam penyebarluasan informasi dan diharapkan dengan sosialisasi ini akan mampu menambah wawasan pengurus karang taruna untuk menyongsong “Indonesia Emas” di bawah anak muda.

Sosialisasi tersebut menghadirkan 2 narasumber yaitu Anak Agung Gde Raka Suryadiputra selaku Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Gianyar dan Anak Agung Gde Utama Indra Prayoga selaku Ketua DPD KNPI Provinsi Bali. (bp/ken)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!