Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Politik

70 Ribu Warga Sunda-Bali Dukung Kang Emil Nyapres 2024

DUKUNGAN BULAT: Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil beriktiar maju dalam Pilpres 2024. Kabar bahagia itu disampaikan dalam Musyawarah Daerah Angkatan Muda Siliwangi (AMS) Provinsi Bali, Selasa (18/1/2022).

 

KUTA, Balipolitika.com- Ibarat kembang desa, gubernur terbaik di Asia peraih Asiabusinessinfo International Award 2020, Ridwan Kamil kini jadi incaran. Dukungan agar mantan Walikota Bandung jebolan ITB dan Universitas California Berkeley berkompetisi dalam Pilpres 2024 pun semakin meluas. Merespons aspirasi dari segala penjuru tanah air, termasuk Bali itu, Kang Emil secara tegas mengatakan dirinya beriktiar bertarung di Pilpres 2024.

Penegasan ini disampaikan Kang Emil saat memberikan sambutan dalam acara Musyawarah Daerah Angkatan Muda Siliwangi (AMS) Provinsi Bali, Selasa (18/1/2022) di Kuta. Mantan Walikota Bandung itu mengatakan, dirinya hanya bisa beriktiar. “Soal kalah dan menang itu rahasia Tuhan, dan hanya Tuhan yang tahu. Seperti di PON Papua baru-baru ini. Semua saling smash, tarung secara bermartabat. Namun hasilnya ada yang mendapat medali emas, perak, perunggu, dan itu semua menerimanya dengan baik,” ujarnya.

Menyongsong tahun politik 2024, ia tak menampik menjalin komunikasi politik dengan sejumlah partai politik secara intens. “Komunikasi dengan partai politik terus dilakukan. Namun, belum ada kesepakatan. Sekali lagi saya hanya bisa beriktiar. Semuanya terserah Allah,” ujarnya.

Tantangan terbesar yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini tegas Kang Emil adalah menghargai perbedaan. Ungkapnya, sejak nenek moyang sama dahulu, tidak ada istilah kampret, cebong dan sebagainya, semua hidup tenteram dan saling menghargai satu sama lain. Namun, seiring perkembangan teknologi informasi yang ditunggangi oleh kepentingan politik tertentu, istilah kampret dan cebong itu makin liar. Dikotomi ini terus dipelihara untuk kepentingan politik. Tegasnya, sebagai negara yang beridiologi Pancasila, Indonesia harus belajar dari sejarah banyak bangsa di dunia yang akhirnya hancur lebur karena kepentingan sesaat.

Iktiar Kang Emil untuk maju di Pilpres 2024 ini didukung penuh oleh sekitar 70 ribuan masyarakat asal Sunda yang tinggal di Bali. Ketua Angkatan Muda Siliwangi (AMS) Bali Agus Samijaya menegaskan ada sekitar 70 ribu orang Sunda di Bali yang siap lahir batin nyoblos Kang Emili. Dukungan tersebut tidak hanya sekedar di bibir, tetapi akan dibuktikan di TPS nanti.

“Ini ada anak bangsa yang memiliki visi yang besar. Kebetulan saja dia orang Sunda. Jadi kami wajib mendukungnya,” ujarnya. Versi Agus, tidak saja anggota AMS Bali yang siap mendukung sosok gubernur terbaik di Asia versi The Best 7 Asia Governor 2020 bersama Gubernur Hokkaido (Jepang), Naomichi Suzuki; Gubernur Australia Selatan, Hieu Van Le; Gubernur Gyeonggi (Korsel), Lee Jae-myung; dan Gubernur Karela (India), Arif Mohammad Khan itu, melainkan seluruh paguyuban Sunda di pelosok nusantara.

“Dari data yang ada, ada sekitar 50 juta orang di seluruh Nusantara ini adalah orang Sunda. Kami siap mendukung penuh,” ikhtiar Agus Samijaya. (bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!