Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

FIB Unud Selenggarakan Workshop Penulisan dan Penerbitan Karya Ilmiah

FIB Unud Selenggarakan Workshop Penulisan dan Penerbitan Karya Ilmiah

 

KLUNGKUNG Balipolitika.com- Setelah sebelumnya sukses menyelenggarakan Workshop Publikasi Internasional, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana (FIB Unud) menyelenggarakan Workshop Penulisan dan Penerbitan Karya Ilmiah yang bertempat di Wyndham Tamansari Jivva Resort Bali, Klungkung. Dalam acara kali ini peserta yang diundang berfokus pada para dosen, mahasiswa dan alumni dari program studi magister dan doktor di lingkungan FIB Unud. Selain itu, FIB Unud juga mengundang peserta dari beberapa universitas lainnya di Bali. Pada workshop ini, FIB Unud mengundang dua pembicara hebat yaitu Prof. Dr. Didi Sukyadi, M.A., dari Universitas Pendidikan Indonesia dan Prof. Dr. St. Hanggar Budi Prasetya dari ISI Yogyakarta. Kegiatan ini diselenggarakan selama dua hari, yakni hari ini, 11-12 November 2023.

Kegiatan workshop yang berlangsung hari ini diawali dengan laporan dari Ketua Panitia kegiatan, Bapak Prof. Dr. I Made Netra, S.S., M.Hum. Dalam laporannya, Beliau mengungkapkan bahwa kegiatan ini didasari atas kesadaran ilmiah sivitas akademika FIB Unud dan melalui kegiatan ini Beliau berharap masing masing peneliti di lingkungan FIB Unud mampu memiliki minimal satu penelitian yang diterbitkan dengan tujuan  tercapainya Indikator Kinerja Utama (IKU) FIB Unud pada penerbitan karya ilmiah.

Dekan FIB Unud, Bapak I Nyoman Aryawibawa, S.S., M.A., Ph.D., dalam sambutannya menyampaikan dua alasan yang melatari pelaksanaan kegiatan workshop ini, yakni realisasi standar penelitian dalam tridharma perguruan tinggi yang menjadi tugas pokok sivitas akademika FIB Unud serta upaya dalam pencapaian dan peningkatan IKU penerbitan karya ilmiah. “Meski capaian IKU penerbitan karya ilmiah telah melebihi target capaian, tentu kami tidak boleh berhenti sampai disini saja. Kami harus terus mengantisipasi nantinya agar pencapaian ini tetap berkembang melebihi target, 60% tersebut. Saat ini yang telah kami data, ada sekitar 70 karya ilmiah yang telah kita miliki”, papar Bapak Aryawibawa, Ph.D.

Workshop Penulisan dan Penerbitan Karya Ilmiah pada hari pertama ini diisi dengan materi yang berjudul Overview on the structure of academic papers and literature review writing tips” dibawakan oleh Bapak Prof. Dr. Didi Sukyadi, M.A., dari Universitas Pendidikan Indonesia. Dalam pemaparannya, Beliau menjelaskan bagaimana cara menulis artikel jurnal ilmiah yang baik dan benar serta hal-hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan abstrak. Pada kesempatan tersebut, Beliau juga memperkenalkan beberapa jurnal seperti Indonesian Journal of Science and Technology, Jurnal Sinta, Jurnal Kajian Bali, dan banyak lagi.

“Bapak Ibu sekalian mari kita manfaatkan kegiatan hari sebaik mungkin agar lebih mengetahui bagaimana membuat artikel jurnal dan publikasinya di berbagai jurnal yang berbeda-beda pula mungkin seperti antropologi mempunyai jurnalnya sendiri, kajian budaya, dll”, ungkap Bapak Prof. Didi memotivasi para peserta. Seusai sesi pemaparan materi dan diskusi, para peserta workshop melakukan latihan penyusunan artikel jurnal khususnya dalam menyusun kajian pustaka. Latihan intensif ini dipandu langsung oleh narasumber, sehingga pada akhir workshop hari pertama, para peserta mampu menghasilkan sebuah kajian pustaka yang baik dan benar.

Workshop Penulisan dan Penerbitan Karya Ilmiah akan dilanjutkan esok hari dengan sesi pemaparan materi kedua oleh Prof. Prof. Dr. St. Hanggar Budi Prasetya, yang akan diikuti oleh sesi latihan intensif penulisan hasil penelitian dan pembahasan dalam sebuah artikel ilmiah. Penyelenggaraan workshop selama dua hari membuktikan bahwa Fakultas Ilmu Budaya sedang gencar-gencarnya meningkatkan kualitas para dosen dan mahasiswa dalam menulis sekaligus menerbitkan karya ilmiah berupa artikel. Ditambah telah banyaknya kerjasama yang terjalin antara fakultas dengan jurnal-jurnal baik nasional dan internasional. (dp/Unud.ac.id)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!