Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Ekbis

Dipastikan Sehat, Burung Perkutut Kepakkan Sayap di Tempat Tujuan

ACEH, Balipolitika.com- Sebanyak tujuh burung perkutut dilalulintaskan melalui Wilayah Kerja Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue, Banda Aceh menuju Sabang, pada Rabu 1 November 2023.

Sebelum diizinkan untuk menyeberang ke tempat tujuan, burung perkutut dilakukan pemeriksaan oleh pejabat karantina yang bertugas, yakni pemeriksaan administrasi dan pemeriksaan fisik.

“Burung perkutut dilakukan pemeriksaan fisik serta dilakukan rapid test Avian Influenza (AI) untuk memastikan komoditas bebas dari flu burung,” kata Dokter Hewan Karantina, Pariono.

Setelah burung perkutut dipastikan sehat, juga melampirkan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH), pejabat karantina mengeluarkan sertifikat kesehatan hewan (KH-11) sebagai syarat lalu lintas komoditas hewan.

“Burung perkutut dalam keadaan sehat dan layak untuk diberangkatkan sehingga kami mengeluarkan KH-11. Burung perkutut bisa mengepakkan sayap di tempat tujuan,” pungkas Pariono.

Sebagai tambahan informasi, burung-burung perkutut tersebut akan dilepasliarkan di kawasan hutan Sabang oleh pemiliknya dalam rangka acara hari ulang tahun ekspedisi JNT. (nik/bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!