Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

FKH Unud Mengadakan Pengabdian di Batukandik, Nusa Penida

FKH Unud Mengadakan Pengabdian di Batukandik, Nusa Penida

 

NUSA PENIDA Balipolitika.com- Dalam rangkaian menyambut Badan Kekeluargaan Kedokteran Hewan (BKKH) ke-40 dan Hari Ulang Tahun (HUT) Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Udayana (Unud) yang ke-26 pada Kamis 12 Oktober 2023 lalu, FKH Unud melakukan pengabdian dengan pemberian vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dan sosialisasi kepada warga Desa Batukandik, Nusa Penida.

Dalam kegiatan pengabdian ini Bapak Made Gata selaku Perbekel desa Batu Kandik menyambut hangat tim pengabdian FKH UNUD. Dipilihnya Desa Batu Kandik, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali sebagai lokasi pengabdian bukanlah tanpa sebab. Dekan FKH UNUD, Prof. Dr. drh. I Nyoman Suartha, M.Si., menyampaikan bahwa Nusa Penida merupakan tempat produksi sapi bali asli, yang dimana sapi dari luar pulau tidak dapat masuk.

“Kita juga mengetahui bersama bahwa pada pulau Bali tidak terkena wabah PMK, terutama pada pulau Nusa Penida. Oleh karena itu penting dirasa untuk mencegah hal tersebut dengan melakukan sosialisasi dan vaksinasi PMK. Saya berharap melalui kegiatan ini agar informasi yang disampaikan dapat berguna untuk masyarakat yang memelihara sapi bali di desa batukandik Nusa Penida,” ungkap Prof. Dr. drh. I Nyoman Suartha, M.Si.,

Sosialisasi dan vaksinasi dilakukan bersamaan dengan membagi menjadi dua kelompok yang bertujuan untuk tercapainya target vaksinasi. Sosialisasi dan edukasi mengenai pentingnya menjaga kesehatan reproduksi pada sapi bali ini dibawakan oleh Dr.drh. I GNB Tri Laksana, M.Kes, dan dihadiri oleh para peternak desa Batukandik.

Kegiatan sosialisasi dan vaksinasi ini ditutup dengan pembagian vitamin B kompleks kepada peternak. Setelah melakukan pengabdian, tim FKH UNUD bersiap-siap untuk melakukan persembahyangan di Pura Goa Giri Putri, dan di Pura Dalem Bungkut hingga pukul 22.00 Wita. (dp/Unud.ac.id)

 

 

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!