Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

Lomba Esai CLC: Langkah Awal Mewujudkan Pemikiran Kritis Bagi Generasi Muda

Lomba Esai CLC: Langkah Awal Mewujudkan Pemikiran Kritis Bagi Generasi Muda

 

DENPASAR Balipolitika.com- Telah berlangsung kegiatan Final Round dan Awarding Lomba Esai Tingkat SMA/SMK Se-Kodya Denpasar pada Sabtu 21 Oktober 2023, berlokasi di Ruang Bangsa Gedung Rektorat UNUD. Lomba Esai yang diadakan oleh mahasiswa yang tergabung dalam Criminal Law Community (CLC) Periode 2023/2024 ini mengangkat tema “Menyoal Peran Generasi Muda dalam Revitalisasi Dinamika Hukum Nasional Berlandaskan Nilai-Nilai Pancasila.”

Lomba esai CLC ini meliputi beberapa rangkaian kegiatan, dimulai dari pendaftaran, babak penyisihan, technical meeting finalis, hingga babak final yang menghadirkan lima tim terbaik dari 24 tim yang telah mendaftar sebelumnya. Pada babak final, presentasi para finalis dinilai oleh 3 orang dewan juri (Dosen FH UNUD), yakni: bapak A.A. Ngurah Oka Yudistira Darmadi, S.H., M.H., A.A. Istri Eka Krisna Yanti, S.H., M.H., dan I Gusti Ngurah Nyoman Krisnadi Yudiantara, S.H., M.H. Dari 24 Tim SMA/SMK Se-Kodya Denpasar, baik itu sekolah negeri maupun swasta yang mendaftar, terpilih 5 tim yang dinyatakan lolos dalam babak final: SMAN 1 Denpasar sebanyak 2 tim, SMAN 3 Denpasar, SMAN 4 Denpasar, dan SMAN 8 Denpasar.

Tujuan diadakannya Lomba Esai CLC sebagai wadah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis para peserta dalam menganalisis dan mengkaji isu yang relevan dengan tema yang diangkat, serta untuk memfasilitasi para peserta lomba dalam mengembangkan minat dan bakat menulis. Berdasarkan hasil penilaian para dewan juri maka Juara 1 diraih oleh Tim Retris dari SMAN 3 Denpasar, Juara 2 diraih oleh Tim Smapan Jaya dari SMAN 8 Denpasar, Juara 3 diraih oleh Tim Smansa Denpasar dari SMAN 1 Denpasar, Harapan 1 diraih oleh Tim Acikiwir dari SMAN 4 Denpasar, dan Harapan 2 diraih oleh Tim Smansa dari SMAN 1 Denpasar. (dp/Unud.ac.id)

 

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!