Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

DaerahPemerintahan

Nyonya Seniasih Pimpin Studi Tiru ke Sukabumi Jabar

Tingkatkan Daya Saing Produk Perikanan Badung

STUDI TIRU: Ketua Tim Penggerak PKK Badung Nyonya Seniasih Giri Prasta didampingi Kadis Perikanan Kabupaten Badung Nyoman Suardana dan rombongan melaksanakan kunjungan kerja ke Sukabumi, Jawa Barat, Rabu, 25 Oktober 2023.

 

JAWA BARAT, Balipolitika.com- PKK Kabupaten Badung bersama Dinas Perikanan Kabupaten Badung melaksanakan kegiatan study tiru dan bimbingan teknis (Bimtek) pengolahan ikan ke Kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat.

Rombongan dipimpin langsung oleh Ketua TP. PKK Kabupaten Badung Nyonya Seniasih Giri Prasta didampingi Kadis Perikanan Badung Nyoman Suardana dan mengajak peserta studi tiru sebanyak 40 orang terdiri dari, pelaku usaha perikanan atau kelompok pengolah, pemasar, jajaran TP PKK Kabupaten Badung, serta pendamping dari dinas perikanan serta dinas terkait.

Kehadiran rombongan Kabupaten Badung disambut langsung Ketua TP PKK Kabupaten Sukabumi Hj. Yani Marwan, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Sukabumi Tika Iyos Somantri, Ketua DWP Kabupaten Sukabumi Erni Ade Suryaman dan Kadis Perikanan Sukabumi Nunung Nurhayati beserta jajaran, Rabu, 25 Oktober 2023 di Pendopo Kabupaten Sukabumi.

Dalam kesempatan itu, Nyonya Seniasih Giri Prasta mengucapkan terima kasih kepada Ketua TP PKK Kabupaten Sukabumi dan Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi beserta jajarannya masing-masing karena telah memberikan kesempatan kepada kelompok pengolah dan pemasar, serta pelaku usaha perikanan yang ada di Kabupaten Badung untuk belajar bagaimana cara pengolahan dan pemasaran produk perikanan yang baik.

Dengan melaksanakan kunjungan secara langsung di kelompok pengolah Ikan UKM Rizky Food, Desa Wangunreja, Kecamatan Nyalindung dan ke Duo Mitra Raya yang beralamat di Jalan Cibolang Raya Cisaat, Sukabumi.

“Dilaksanakannya studi tiru ini untuk belajar bagaimana cara pengolahan dan pemasaran produk perikanan yang baik, dengan harapan melalui studi tiru ini   kelompok pengolah dan pemasar, serta pelaku usaha perikanan yang ada di Kabupaten Badung bisa mendapatkan manfaat  yang besar sehingga dapat meningkatkan daya saing produk, memperluas pangsa pasar serta meningkatkan pemasaran bagi pelaku usaha,” ujar Seniasih Giri Prasta.

Ketua TP PKK Kabupaten Sukabumi Hj Yani Marwan menjelaskan Bupati Sukabumi berkomitmen mewujudkan ketahanan pangan melalui bidang perikanan, sekaligus untuk menurunkan angka stunting di Sukabumi sehingga dirasa perlu ada support dari OPD terutama Dinas Perikanan untuk memberikan protein hewani di mana protein hewani yang murah adalah ikan, sehingga dalam setiap kesempatan maupun kegiatan disebutkan bahwa dinas perikanan Sukabumi selalu memberikan support berupa pasokan ikan dan olahan ikan kepada masyarakat terutama anak-anak.

“Kabupaten Sukabumi juga terkenal dengan ikan sidatnya, jadi mudah-mudahan dengan sharing bersama dalam kunjungan ini, bisa bermanfaat, apa yang ada disini bisa di kembangkan di Kabupaten Badun,” ucapnya.

Sementara itu Kadis Perikanan Badung Nyoman Suardana menyampaikan adapun maksud dan tujuan study tiru ke Kabupaten Sukabumi sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan bimtek pengolahan ikan yang dilaksanakan pada tanggal 2 dan 3 oktober 2023 di Puspem Badung, yang diikuti oleh kelompok pengolah dan pemasar, pelaku usaha perikanan, TP. PKK Kab. Badung, staf pada Dinas Perikanan Kabupaten Badung.

“Peserta terdiri dari Kelompok pengolah dan Pemasar Wana Lestari, Kelompok pengolah dan Pemasar Tunjung Putih, Kelompok pengolah dan Pemasar Merta Nadi, Kelompok pengolah dan Pemasar Merta Segara Canggu, Kelompok pengolah dan Pemasar Merta Abiansemal, Kelompok pengolah dan Pemasar Mina Guna Asih, Kelompok pengolah dan Pemasar Mina Segara Sekeh, Pelaku Usaha Kerupuk Dion,” ungkapnya. (bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!