Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pemerintahan

Giri Prasta Gelontorkan Hibah dan BKK Rp105 Miliar di Klungkung

BADUNG ANGELUS BUANA: Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta bercengkrama dengan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta secara simbolis menyerahkan dana hibah dan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) kepada Pemkab Klungkung di Wantilan Desa Nyalian Banjarangkan Klungkung, Rabu, 18 Oktober 2023.

 

KLUNGKUNG, Balipolitika.com- Dalam suasana penuh kebersamaan dan kekeluargaan Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menyerahkan secara simbolis dana hibah dan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) dengan jumlah total bantuan sebesar Rp105.353.795.285 kepada Pemerintah Kabupaten Klungkung pada perubahan anggaran pendapatan belanja daerah Tahun Anggaran 2023, Rabu, 18 Oktober 2023 di Wantilan Desa Nyalian Banjarangkan Klungkung.

Pada kesempatan itu, Bupati Giri Prasta menyerahkan bantuan BKK kepada Bupati Nyoman Suwirta sebesar Rp72.910.147.285 diperuntukkan bagi 203 kegiatan.

BKK ini digunakan untuk program pemberdayaan masyarakat dan percepatan pembangunan dalam rangka meningkatkan partisipasi dan swadaya masyarakat di dalam membangun atau memelihara fasilitas umum atau infrastruktur prasarana dan sarana di lingkungannya masing-masing.

Sedangkan bantuan hibah dengan total bantuan sebesar Rp32.443.648.000 diberikan kepada 92 penerima digunakan untuk membantu pembangunan fisik di bidang agama dan adat budaya.

Turut hadir Ketua DPRD Badung Putu Parwata dan Ketua DPRD Klungkung Anak Agung Gde Anom, Sekda Badung Wayan Adi Arnawa bersama jajaran kepala OPD Pemkab Badung dan Pemkab Klungkung.

Disampaikan Bupati Giri Prasta penyerahan hibah dan BKK ini merupakan bentuk komitmen dari program “Badung Angelus Buana” yang bermakna “Badung Berbagi, dari Badung untuk Bali” dan merupakan program membantu pembangunan fisik untuk mensejahterakan masyarakat.

Dana ini diperoleh dari penyisihan Pajak Hotel dan Restoran (PHR) yang diberikan kepada masyarakat di berbagai wilayah Provinsi Bali untuk menggerakkan perekonomian pada sektor informal, menciptakan lapangan pekerjaan, meningkatkan kemampuan daya beli sekaligus meringankan beban masyarakat.

“Pada kesempatan yang baik ini, saya berpesan kepada masyarakat penerima hibah dan BKK agar selalu bersatu padu melaksanakan semua program pembangunan di wilayah masing-masing. Kita semua Semeton Bali umat sedharma harus bersatu membangun jembatan emas untuk generasi masa depan, dengan membangun infrastruktur, sarana dan prasarana di berbagai bidang demikian pula di bidang keagamaan sebagai wujud sradha dan bhakti sebagai umat Hindu,” ujarnya.

Di sisi lain, ia juga mengingatkan para penerima hibah agar betul-betul memanfaatkan dana yang diperoleh untuk kepentingan masyarakat bukan dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi atau kelompok tertentu saja.

Disebutkan bahwa tim monitoring Pemkab Badung akan selalu melakukan pengawasan dan evaluasi ke bawah sesuai dengan tatanan regulasi agar jangan sampai maksud baik Pemkab Badung menjadi preseden buruk menimbulkan masalah hukum dalam pelaksanaannya di tingkat bawah.

“Ketika program ini kita tetapkan di APBD sudah mendapatkan pengawasan dan verifikasi dari Provinsi. Melalui kegiatan ini, saya ingin bantuan ini berbicara sehingga siapapun yang mendapatkan bantuan agar betul-betul dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat jangan sampai bantuan ini dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi atau kelompok tertentu saja. Tim monitoring Pemkab Badung akan selalu melakukan monev atas realisasi bantuan hibah dan BKK ini, begitu juga kita mengajak Ketua DPRD sebagai wujud pengawasan dewan terhadap pelaksanaan program yang sudah kita sepakati dilakukan,” jelas Bupati Giri Prasta.

Sementara itu, Bupati Klungkung Nyoman Suwirta menjelaskan bahwa penyerahan bantuan dana hibah dan BKK oleh Pemkab Badung kepada Pemkab Klungkung telah sesuai dengan regulasi yang berlaku sehingga tidak ada pelanggaran dan kesalahan yang terjadi.

Diharapkan niat baik kedua Pemerintah Kabupaten ini bisa berhasil dan mempunyai manfaat yang baik kepada masyarakat Kabupaten Klungkung.

“Atas nama seluruh masyarakat Kabupaten Klungkung saya mengucapkan terima kasih kepada Bupati Giri Prasta dan Pemerintah Kabupaten Badung atas semua dan bantuan supportnya. Kami berharap komunikasi dan kerjasama ke depan antara kabupaten/kota ini berjalan dengan baik sehingga Bali secara keseluruhan bisa optimal melakukan pembangunan dan selalu dalam keadaan damai,” harapnya. (bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!