Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Peristiwa

Padamkan Api TPA Suwung, BPBD Bali Percikkan Tirta

UPAYA NISKALA: Kalaksa BPBD Bali Made Rentin di Denpasar memantau kebakaran TPA Suwung dari udara, Minggu, 15 Oktober 2023.

 

DENPASAR, Balipolitika.com Selain menempuh berbagai upaya sekala (kasat mata), Pemprov Bali dan instansi terkait juga berupaya menempuh upaya niskala (tak kasat mata) guna melancarkan upaya pemadaman kebakaran lahan TPA Suwung Denpasar.

Upaya sekala yang telah ditempuh baik di darat seperti pengerahan belasan armada pemadam kebakaran dari wilayah Sarbagita dan mendatangkan Manggala Agni dari Sulawesi, lalu ditopang dengan pengerahan water bombing melalui udara yang di-support helikopter BNPB, kini diimbangi juga dengan upaya niskala.

“Sebagai orang Bali yang memiliki kepercayaan adanya kekuatan alam semesta, kami mengimbangi operasi yang dilakukan di darat dan udara dengan utsaha niskala, yakni memercikkan tirta atau air suci dari udara,” kata Kalaksa BPBD Bali Made Rentin di Denpasar, Minggu, 15 Oktober 2023.

Upaya memercikkan tirta dari helikopter ini dilakukan langsung oleh Rentin didampingi BPBD Kota Denpasar, Dinas KLH Provinsi Bali dan BNPB.

“Sembari melaksanakan pantauan udara, kami memercikkan tirta dengan harapan diiringi doa tulus, penanganan kebakaran segera tuntas dan seluruh personil dalam keadaan sehat dan selamat,” imbuh Rentin. (bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!