Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Sosial

Dari Disabilitas Rungu hingga Atlet Perempuan, Lebih dari 1.000 Pelajar Terima Beasiswa GrabScholar 2023

KEMANUSIAAN: Salah satu penerima dana bantuan pendidikan dari GrabScholar 2023, Marvellino Johnwan Akmal Ismail (tengah) yang bersekolah di Sekolah Luar Biasa (SLB) Santi Rama, didampingi orang tuanya saat membaca surat pengumuman beasiswa di kediamannya, 18 September 2023.

 

JAKARTA, Balipolitika.com- Setelah membuka pendaftaran pada bulan Juli lalu, Grab Indonesia dan BenihBaik.com resmi mengumumkan penerima GrabScholar: Program Beasiswa Grab 2023 kepada 1.158 pelajar dari jenjang pendidikan SD, SMP, SMA/SMK, dan Universitas (S1/D4) di Indonesia.

Tahun ini, GrabScholar menerima 23.133 pendaftar dari 138 kota/kabupaten, naik signifikan dibanding dengan tahun sebelumnya.

Pendaftar kemudian melalui proses seleksi ketat hingga akhirnya terpilih dan dinyatakan berhak untuk mendapatkan bantuan dana pendidikan.

Neneng Goenadi, Country Managing Director Grab Indonesia, mengatakan memasuki tahun ketiga, misi utama GrabScholar: Program Beasiswa Grab masih sama yaitu memberikan akses pendidikan yang lebih merata, khususnya bagi mereka yang memiliki keterbatasan ekonomi.

“Kami percaya bahwa pendidikan memainkan peranan penting dalam membentuk generasi mendatang. Harapan kami adalah bahwa beasiswa ini dapat jadi salah satu bekal bagi anak-anak untuk membawa Indonesia jadi lebih maju.”

“Membawa pendekatan yang sama untuk menanam kebaikan, BenihBaik bangga dapat kembali dipercaya menjadi bagian dari inisiatif GrabScholar: Program Beasiswa Grab 2023. Selama tiga bulan proses pendaftaran dan seleksi, kami melihat potensi-potensi generasi muda dengan segudang prestasi dan juga semangat membangun bangsa. Kami percaya program ini memberikan harapan bagi generasi muda untuk mewujudkan cita-cita mereka dengan melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi, sehingga kemudian pada akhirnya dapat membantu meningkatkan taraf hidup keluarga para penerima beasiswa ini,” ujar Andy F. Noya, CEO & Founder Yayasan Benih Baik Indonesia (BenihBaik).

Salah satu penerima beasiswa jenjang universitas dari GrabScholar 2023, David Neilleen Irvinne asal Pekanbaru yang saat ini tengah menempuh pendidikan di Universitas Gadjah Mada jurusan Ilmu Komputer.

Salah satu penerima beasiswa jenjang Universitas adalah David Neilleen Irvinne, anak pertama dari seorang ibu tunggal yang berprofesi sebagai Mitra Pengemudi GrabCar di Medan, yang menempuh pendidikan di Universitas Gadjah Mada.

Mengambil jurusan Ilmu Komputer, David telah menunjukkan ketertarikan pada bidang pengembangan teknologi komputer khususnya game development dan competitive programming sejak di bangku sekolah.

Berbekal laptop yang telah setia menemani sepanjang bangku sekolah, David merantau dan bertekad untuk bisa lulus kuliah tepat waktu agar kemudian dapat bekerja di perusahaan teknologi, semua demi membahagiakan ibunya.

Sebelumnya, ia telah mengantongi segudang prestasi, termasuk jadi pemenang Olimpiade Sains Nasional Tingkat Provinsi Riau pada Tahun 2022 dan bahkan membuat beberapa game sendiri.

Fitriath Oktavianne Kalerasikah (Kanan), putri Mitra Pengemudi GrabBike di Surabaya menjadi penerima beasiswa dana bantuan pendidikan dari GrabScholar 2023

Kisah menarik lainnya datang dari penerima dana bantuan pendidikan untuk tingkat SMA, yakni Fitriath Oktavianne Kalerasikah.

Pelajar putri yang duduk di sekolah menengah atas ini tak hanya berprestasi di bidang akademis, tapi juga aktif di bidang bela diri karate dan olahraga baseball.

Fitri merupakan anak dari Mitra Pengemudi GrabBike di Surabaya dikenal sering memenangkan berbagai kejuaraan termasuk Kejurda Baseball Putri Jawa Timur 2023 dan Kejuaraan Karate Jawa Timur Piala Pangdam V/Brawijaya 2023.

Tak heran jika koleksi piala dan medali Fitri menghiasi dinding rumah orang tuanya.

Semangat untuk terus melangkah maju juga dimiliki oleh Marvellino Johnwan Akmal Ismail yang bersekolah di Sekolah Luar Biasa (SLB) Santi Rama.

Meski memiliki keterbatasan, Johnwan selalu menunjukkan semangat pantang menyerah.

Setiap harinya, ia harus menempuh perjalanan dari kediamannya di Jakarta Utara untuk dapat belajar di sekolahnya yang berlokasi di Jakarta Selatan.

Meski jauh, tak pernah ia menunjukkan rasa lelah dan tetap antusias mengikuti kegiatan di kelas.

Semangat pantang menyerah dan kegigihan ini yang menjadikan Johnwan sebagai sosok yang tepat untuk menjadi ketua di kelasnya.

Tentunya hal ini tidak terlepas dari dukungan penuh dari keluarga.

GrabScholar: Program Beasiswa Grab 2023 merupakan inisiatif pembuka dari rangkaian Apresiasi Dana Abadi dari Grab untuk memberikan penghargaan dan apresiasi pada Mitra serta pekerja di sektor transportasi dan UMKM.

Selain beasiswa, berbagai program donasi seperti pemberian dana bantuan usaha dan voucher sembako juga dilakukan oleh BenihBaik agar dapat tersalurkan secara tepat pada puluhan ribu pejuang transportasi dan UMKM di seluruh Indonesia.

Rangkaian Apresiasi Dana Abadi ini kemudian akan ditutup dengan diselenggarakannya Hari Mitra Grab pada awal Oktober mendatang. (nik/bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!