Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pemerintahan

Kunjungi Sentra Tenun, JKONE Apresiasi Upaya Bupati Majukan UMKM Jembrana

DUKUNG UMKM: Bupati Jembrana I Nengah Tamba saat mengajak Dewan Pelindung JKONE Letjen Purn TNI Anto Mukti Putranto melihat proses pembuatan tenun di sentra Tenun Jembrana.

 

NEGARA, Balipolitika.com- Sentra Tenun Jembrana sebagai salah satu upaya Bupati Jembrana I Nengah Tamba memajukan UMKM Jembrana menjadi magnet bagi wisatawan.

Pusat oleh-oleh khas Jembrana sudah dikunjungi banyak wisatawan dan pejabat tinggi negara.

Terbaru, rombongan Jeep Wrangler Community (JKONE) mengunjungi sentra tenun, Jembrana yang berada di Jalan Denpasar – Gilimanuk, Kekeruhan Pendem, Kamis, 28 September 2023.

Puluhan orang anggota komunitas bahkan memborong produk UMKM Jembrana.

Kunjungan rombongan wisatawan seperti JKONE yang dipimpin oleh Dewan Pelindung JKONE Letjen Purn TNI Anto Mukti Putranto, tidak lepas dari upaya Bupati Jembrana I Nengah Tamba memajukan UMKM Jembrana dengan memperkenalkan pada setiap orang dan komunitas baik di Bali dan luar Bali.

Kunjungan JKONE ini disambut antusias oleh Bupati Jembrana I Nengah Tamba dengan pengalungan bunga selamat datang.

Rombongan JKONE juga disuguhi dengan penampilan jegog yang diiringi dengan tarian putri bambu.

Bupati juga mengajak para komunitas untuk melihat langsung proses pembuatan kain tenun oleh para pengerajin tenun Jembrana.

Selain melihat secara langsung proses pembuatan tenun, rombongan juga berbelanja berbagai macam produk UMKM, bahkan nilai transaksi mencapai angka puluhan juta.

Atas kedatangan komunitas JKONE tersebut, Bupati Tamba merasa sangat senang dan bahagia.

Menurutnya, karya yang di kerjakan oleh para pengrajin menjadi pusat perhatian dari komunitas JKONE yang merupakan orang-orang yang sudah sukses dan selalu berbagi dengan UMKM.

“Kenapa saya membuat gedung yang bagus dan representatif karena yang kita jual barang-barang UMKM, kita juga memberikan kenyamanan dan barang yang kita sajikan di sini (Sentra Tenun) yang kita pajang dan yang kita jual UMKM yang sudah benar-benar kita bina dan benar-benar uji kelayakan dan lulus sebagai bagian daripada UMKM Kabupaten Jembrana, ” ungkapnya.

Bupati Tamba berharap ke depan Kabupaten Jembrana akan lebih dikenal luas hingga nusantara sehingga bisa menyedot perhatian wisatawan untuk datang ke kabupaten Jembrana dan tentunya akan memajukan umkm sendiri.

Tidak hanya soal mendukung UMKM, kedatangan tamu tamu ke Jembrana itu besar harapannya bisa ikut membangun Kabupaten Jembrana, khususnya dari pengembangan investasi bagi daerah nantinya.

“Inilah cara-cara saya sebagai Bupati, bagaimana Jembrana bisa dikenal di seluruh nusantara ini, di samping itu juga beliau ini tidak berhenti sampai di sini saja, beliau juga berminat untuk berinvestasi segala macam dan kegiatan lain nanti kedepannya,” jelasnya.

Sementara, Dewan Pelindung JKONE Letjen Purn TNI AM Putranto mengatakan bahwa tidak semua para pemimpin daerah bisa mengangkat umkm dengan sedemikian rupa.

Mulai dari penyediaan tempatnya yang begitu mewah sehingga bisa meyakinkan para pengrajin bahwa karya dari mereka sangat dihargai.

Rombongan mengaku sangat kagum atas kolaborasi seluruh pemangku kepentingan sehingga bisa mengangkat dan membantu para UMKM yang ada di Kabupaten Jembrana.

“UMKM itu bukan hanya sekedar tapi kita lihat bagaimana mereka bekerja, sehari yang diterangkan Bupati tadi sangat rendah nilainya (biaya) padahal mereka punya karya, ini yang belum ter ekspos dengan baik, kalau sehari cuman dapat 35 ribu dibandingkan dengan guru sangat jauh, tapi karena konsisten apa yang dilakukan untuk lebih baik, ”ujarnya.

Ia berharap tidak hanya UMKM namun potensi lainya seperti pariwisata yang ada di Kabupaten Jembrana juga harus di perhatikan sehingga ke depan kabupaten Jembrana dapat lebih maju.

“Saya berharap bapak Bupati tidak hanya di umkm akan tetapi disisi lain juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sehingga mereka merasakan kenyamanan,” tandasnya. (nik/bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!