Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pemerintahan

Pesan Aggiat dalam Rapat Tim PORA: Dibutuhkan Sinergitas dalam Keberlanjutan Pariwisata di Bali

SINERGITAS: Rapat Tim Pengawasan Orang Asing (Tim PORA) yang dihadiri oleh Anggiat Napitupulu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali di Trans Hotel Resort pada Rabu, 20 September 2023

 

BADUNG, Balipolitika.com- Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai menggelar Rapat Tim Pengawasan Orang Asing (Tim PORA) dengan tema “Penguatan Pengawasan Orang Asing di Kecamatan Kuta Utara” pada Rabu, 20 September 2023.

Acara ini digelar di Trans Hotel Resort dan dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Bali, Anggiat Napitupulu, Kepala Divisi Keimigrasian Barron Ichsan, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Khusus Ngurah Rai, Sugito, Pejabat Administrasi pada jajaran Kanwil Kemenkumham Bali dan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai, berbagai pemangku kepentingan yang tergabung dalam anggota Tim PORA diantaranya Jajaran Forkopimda Kabupaten Badung, serta Camat dan Kepala Desa di Kecamatan Kuta Utara.

Anggiat Napitupulu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali, dalam sambutannya menjelaskan bahwa tujuan pelaksanaan Tim PORA adalah sebagai barometer keseriusan sinergitas jajaran Kantor Imigrasi Ngurah Rai dengan Aparat Penegak Hukum (APH) terkait.

Terdapat tiga kecamatan di Kabupaten Badung yang menjadi sentra pariwisata, sehingga pengawasan terhadap Orang Asing di wilayah ini memiliki peran penting dalam menjaga keamanan dan kedaulatan negara.

Anggiat menekankan bahwa Tim PORA dibentuk dengan arahannya agar tidak mengganggu tugas dari masing-masing APH dan tidak memberikan dampak negatif bagi pertumbuhan ekonomi.

“Dalam menghadapi tantangan mempertahankan pertumbuhan ekonomi dan penegakan hukum, Tim PORA diharapkan dapat menjalankan perannya dengan seimbang, yakni memberikan tindakan kepada Warga Negara Asing (WNA) yang melakukan pelanggaran dan memberikan perlindungan bagi WNA yang berada di wilayah tersebut,” ujarnya.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Bali juga berharap agar jajaran Kantor Imigrasi Ngurah Rai dapat melakukan jemput bola untuk membangun komunikasi dan sinergitas dengan seluruh APH dan Pemerintah Daerah (pemda) dalam rangka menjaga kedaulatan negara Indonesia, khususnya di Wilayah Kuta Utara.

“Upaya ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang aman, kondusif, dan mendukung pertumbuhan ekonomi serta turut menjaga martabat WNA selama berada di Bali” tambahnya.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Badung, I Nyoman Sujendra, memberikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan Rapat Tim Pora tersebut.

Sujendra berharap agar Tim PORA dapat berjalan dengan baik dengan menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi. “melalui rapat Tim Pora ini diharapkan kita dapat merumuskan, memetakan dan mencari solusi dalam menyelesaikan segala permasalahan yang dihadapi” ungkapnya

Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai, Sugito, mengatakan bahwa Rapat ini merupakan rapat ketiga tim pengawasan orang asing yang dilakukan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Khusus Ngurah Rai. Sugito menyoroti pentingnya sinergitas antar instansi dalam Tim PORA untuk menjawab tantangan yang ada.

Sugito berharap melalui rapat Tim PORA ini, jajarannya dapat saling bertukar informasi, sosialisasi, dan edukasi, serta bersama-sama merumuskan strategi yang tepat dalam meningkatkan mutu pengawasan orang asing. “Hal ini penting dalam menjaga keberlanjutan pariwisata Bali dan menegakkan kedaulatan negara” ajak Sugito. (nik/bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!