Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

Unud Antusias Ikut Rakor Orientasi dan Pendampingan Darmasiswa

ANTUSIAS: Sambut Darmasiswa RI 2023/2024, Pengelola Darmasiswa Universitas Udayana Ikuti Rapat Koordinasi, Orientasi dan Pendampingan Darmasiswa, pada 29-31 Agustus 2023 bertempat di Hotel Pullman Central Park Jakarta.

 

JAKARTA, Balipolitika.com- Koordinator Kantor Urusan Internasional Universitas Udayana dan P.A.A. Senja Pratiwi, Ph.D. yang merupakan pengelola Darmasiswa Universitas Udayana menghadiri acara rapat koordinasi, orientasi kedatangan dan pendampingan Darmasiswa RI tahun akademik 2023/ 2024 pada 29–31 Agustus 2023 bertempat di Hotel Pullman Central Park Jakarta.

Acara ini diikuti oleh 306 Darmasiswa dari 71 negara dan 66 perguruan tinggi di seluruh Indonesia sebagai pengelola Darmasiswa.

Program Darmasiswa yang merupakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri bertujuan untuk meningkatkan dan menumbuhkan minat terhadap bahasa dan budaya Indonesia di antara warga negara dari negara lain.

Program ini juga dirancang untuk meningkatkan kerja sama dan memperkuat ikatan budaya antar bangsa dan meningkatkan pengakuan bahasa Indonesia di dunia internasional (Go Bahasa Indonesia) sebagai bahasa internasional yang populer setelah Bahasa Inggris.

Pada kegiatan orientasi dan pendampingan tersebut, para Darmasiswa RI diberikan bekal berbagai informasi terkait kerja sama antar negara, “Cross Cultural Understanding”, pembiayaan dan prosedur laporan keuangan serta berbagai materi lainnya yang berguna bagi para Darmasiswa untuk mempersiapkan diri menghadapi kehidupan baru mereka di Indonesia.

Dalam kegiatan tersebut pengelola Darmasiswa Universitas Udayana juga mendapatkan kesempatan untuk mendengarkan pemaparan dan berdiskusi langsung kementerian terkait dan juga dengan empat orang Darmasiswa Universitas Udayana yang berasal dari China, Jepang, Polandia dan Korea Selatan.

Nanoko Fujimura, Darmasiswa Universitas Udayana dari Jepang mengatakan ia sangat tertarik akan budaya dan keindahan alam di Bali sehingga memutuskan untuk memilih Universitas Udayana pada program Darmasiswa 2023.

Ia juga mengatakan bahwa Universitas Udayana memiliki banyak mahasiswa asing dari berbagai negara, sehingga ia berharap bisa mendapatkan perspektif yang lebih luas lagi tentang berbagai hal dari mahasiswa asing lainnya.

Senada dengan rekannya, Karolina Zuzanna Goetz, Darmasiswa dari Polandia, berharap dapat menjadi jembatan budaya antara Indonesia dan negara-negara di dunia dan berharap agar kemampuan Bahasa Indonesia dan pengetahuannya tentang kebudayaan Indonesia dapat digunakan untuk kariernya kelak.

Acara diakhiri pada 31 Agustus 2023 dengan penjemputan Darmasiswa oleh para pengelola yang merupakan penanggung jawab program untuk kemudian bersama-sama menuju perguruan tinggi masing-masing. (bp/Unud.ac.id)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!