Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pemerintahan

Adi Arnawa Sumbang Rp30 Juta di Sangeh Festival 2023

WADAH KREATIVITAS: Sekretaris Daerah Badung, I Wayan Adi Arnawa menghadiri pembukaan Sangeh Festival di Obyek Wisata Sangeh, Minggu, 6 Agustus 2023.

 

MANGUPURA, Balipolitika.com- Sebagai bentuk dukungan dan apresiasi Pemerintah Kabupaten Badung dalam melestarikan seni dan budaya, Sekretaris Daerah Wayan Adi Arnawa mewakili Bupati Badung menghadiri pembukaan Sangeh Festival di Obyek Wisata Sangeh, Minggu, 6 Agustus 2023.

Turut hadir Camat Abiansemal Ida Bagus Putu Mas Arimbawa, Muspika Kecamatan Abiansemal, Perbekel Sangeh Made Werdiana, Bendesa Adat Sangeh, Bendesa adat Gerana, tokoh masyarakat Putu Dendy Astra Wijaya, Ketua Karang Taruna Kabupaten Badung, Manggala Adat, dan Dinas se-Desa Sangeh, dan para Ketua Yowana se-Desa Sangeh.

Sebagai bentuk support kegiatan, Adi Arnawa menyerahkan bantuan sebesar Rp30 Juta yang diterima oleh Ketua Panitia Ida Bagus Gede Pujawan disaksikan oleh undangan dan masyarakat Sangeh.

Adi Arnawa mengatakan pemerintah bangga dan berupaya untuk mengangkat potensi kearifan lokal di Desa Sangeh, lebih-lebih Sangeh terkenal dengan Daerah Tujuan Wisata (DTW) Alas Pala dan kuliner Desa Sangeh.

Sangeh Festival tidak saja dalam rangka pelestarian adat, seni, budaya dan agama tetapi menampilkan UMKM kuliner, khususnya kuliner di Desa Sangeh yang cukup terkenal dan memiliki suatu karakter khas.

“Pak Perbekel saya berikan apresiasi yang sudah membuat Sangeh Festival ini dengan mengangkat berbagai potensi yang ada dan ini sangat bagus sekali. Saya kira kegiatan-kegiatan seperti ini harus terus dilanjutkan karena bagaimanapun juga dalam rangka mempromosikan Sangeh ini tidak saja dengan DTW Alas Pala, juga perlu membuat berbagai macam kreativitas termasuk salah satunya melalui Sangeh Festival yang telah diselenggarakan. Atas nama Pemerintah Kabupaten Badung, saya memberikan apresiasi dan sangat mendukung kegiatan Sangeh Festival ini  dan agar terus dilanjutkan bila perlu setiap tahun dilaksanakan dalam rangka memberikan ruang kepada masyarakat untuk mendapatkan hiburan dan yang paling penting adalah disamping dalam rangka pelestarian seni, adat, budaya kita termasuk didalamnya bagaimana kita mendorong, memberikan ruang, menumbuh kembangkan UMKM kuliner kita yang ada di Desa Sangeh. Saya minta selama kegiatan Festival berlangsung tetap dijaga ketertibannya, jaga image DTW Alas Pala agar benar-benar menjadi daerah yang memang layak dikunjungi, dengan cara warganya tertib dalam mengikuti kegiatan Sangeh Festival,” ucapnya.

Sementara itu, Perbekel Sangeh Made Werdiana menyampaikan rasa syukur karena bisa berkumpul dengan masyarakat Desa Sangeh dalam Sangeh Festival.

Ia juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Bupati Badung yang pada kesempatan ini diwakili Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa.

“Atas nama masyarakat Sangeh, saya berharap Sangeh Festival ini bisa berjalan setiap tahun. Kegiatan Sangeh Festival ini dibiayai dari APBDes Desa Sangeh tahun 2023, yang bertujuan untuk mengajegkan Seni, Adat dan Budaya. Kita sudah laksanakan pawai buah atau leladan buah yang dijadikan produk budaya Desa Sangeh, karena desa-desa yang lain sudah memiliki seperti Munggu punya budaya Mekotek, Kapal yang mempunyai Perang Tipat, Sesetan yang disebut Omed-Omedan. Kedepan pawai buah ini diharapkan bisa jadi icon Wisata Sangeh, diwaktu yang bersamaan juga dilaksanakan Festival Barong yang merupakan bagian untuk melestarikan seni, adat dan Budaya yang dilaksanakan di Jaba Pura Pucak Alas Pala,” jelasnya.

Ketua Panitia Sangeh Festival Ida Bagus Gede Pujawan merasa sangat bahagia karena bersama-sama dengan karang taruna bersinergi dengan desa wisata dengan Perbekel Desa Sangeh bisa mewujudkan Sangeh Festival dan launching Tari Maskot Desa Sangeh yang berjudul “SEKAR PALA”.

“Terima kasih kepada Sekda Badung Wayan Adi Arnawa dan semua pihak yang telah mendukung dan membantu sehingga Sangeh Festival ini terlaksana. Sangeh Festival bertajuk Panca Kertaning Buana yang memiliki makna lima unsur yang bisa menciptakan kedamaian, kemakmuran dan kesejahteraan suatu desa. Dengan ditetapkannya Desa Sangeh sebagai desa wisata oleh Bapak Bupati Badung. Ini merupakan tantangan bagi kami untuk bisa menciptakan sesuatu, baik dari segi jangka pendek, menengah dan jangka panjang agar wisatawan bisa tertarik datang dan berkunjung terus ke Desa Sangeh, dan sekali lagi tiang ucapkan terima kasih kepada perbekel dan semua pihak yang selalu merestui kegiatan kegiatan positif baik dari desa wisata maupun dari karang taruna apalagi yang mengacu pada promosi ikon Desa Wisata Sangeh,” ujarnya. (bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!