Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

INFO HOTEL

BHA Sustainable Food Festival Ke-3 Diluncurkan

Gaet Bali Restaurant & Cafe Association

SATE LILIT: Bali Hotels Association (BHA) dengan bangga mengumumkan peluncuran BHA Sustainable Food Festival yang ketiga bekerja sama dengan Bali Restaurant and Café Association (BRCA).

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Bali Hotels Association (BHA) dengan bangga mengumumkan peluncuran BHA Sustainable Food Festival yang ketiga bekerja sama dengan Bali Restaurant and Café Association (BRCA).

Festival ini akan berlangsung mulai dari Jumat, 30 Juni hingga Sabtu, 15 Juli 2023, di 51 hotel dan restoran yang berpartisipasi.

Dengan tema “The Best of Bali,” festival tahun ini bertujuan untuk menampilkan upaya keberlanjutan BHA dan BRCA dalam melestarikan keindahan alam Bali, mempromosikan warisan budaya, mendukung masyarakat lokal, dan memastikan kelangsungan ekonomi jangka panjang kawasan ini.

Bali sedang memprioritaskan keberlanjutan untuk mengatasi tantangan lingkungan dan sosial yang menyertainya sebagai tujuan wisata yang populer. Selama dua minggu, festival ini akan menawarkan beragam pengalaman kuliner di berbagai tempat, mempersembahkan hidangan terbaik yang ditawarkan oleh Bali.

Kriteria berkelanjutan utama dari festival ini mencakup bahan-bahan yang digunakan harus 100 persen bersumber dari Indonesia, dan sebisa mungkin sebagian besar atau semuanya bersumber dari Bali.

Menu didorong untuk menampilkan yang terbaik dari Bali dengan menggunakan produk organik.

Pengurangan limbah menjadi fokus penting lainnya dalam festival ini, dengan penekanan pada program daur ulang dan inisiatif pengomposan.

Scholars of Sustenance (SOS), sebuah yayasan penyelamatan pangan global, akan kembali berperan sebagai mitra festival untuk memfasilitasi donasi makanan yang tidak terpakai dari restoran yang berpartisipasi, memastikan bahwa makanan tersebut dimanfaatkan dengan baik dengan disumbangkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Meneruskan kesuksesan festival tahun lalu yang memberikan dampak positif bagi masyarakat dan ekonomi lokal, Sustainable Food Festival tahun ini akan kembali melibatkan Bali Hotels Association dan Bali Restaurants & Cafe Association, sehingga dapat menjangkau publik yang lebih luas dan memberikan dampak yang lebih besar.

Selain Sustainable Food Festival, BHA juga meluncurkan BHA Street Food Cooking Competition. Kompetisi ini merayakan warisan kuliner Bali dan menampilkan bakat serta kreativitas hotel dan resort anggota.

Dengan fokus pada posisi non-manajerial, kompetisi ini menantang peserta untuk memanfaatkan bahan-bahan yang bersumber dari Bali, menunjukkan seni memasak mereka, dan menceritakan kisah hidangan yang menarik melalui pengiriman video.

Babak final kompetisi dijadwalkan sebagai acara memasak langsung antara 10 koki pada Rabu, 28 Juni 2023, di Nusa Dua Beach Hotel & Spa.

Fransiska Handoko, Ketua BHA, menyampaikan kegembiraannya mengenai festival tersebut. Ia mengaku sangat senang mengumumkan pelaksanaan Sustainable Food Festival tahun ketiga.

“Dengan bermitra bersama BRCA, kami dapat memperluas cakupan acara dan melibatkan restoran dan hotel terkemuka di Bali yang berkomitmen untuk menunjukkan upaya mereka dalam bekerja sama dengan produsen lokal dan solusi pengelolaan limbah. Festival ini menawarkan cita rasa asli Bali dan memberikan pengalaman bersantap yang tak terlupakan bagi para tamu,” ucap Fransiska Handoko.

“Kami bangga melihat partisipasi yang kuat dari anggota kami menjalankan festival ini selama tiga tahun,” kata Kevin Girard, Wakil Ketua dan Direktur Keberlanjutan BHA.

Pemasok meningkatkan kualitas dan janji keberlanjutan mereka ke level yang lebih tinggi, dan anggota kami dengan percaya diri menyajikan bahan-bahan ini dalam menu mereka. Ketika para tamu kembali dalam jumlah yang lebih besar ke Bali, mereka mencari cita rasa lokal yang otentik, mengetahui bahwa mereka memberikan dampak yang berarti bagi ekonomi lokal,” imbuhnya.

Dean Keddell, pemilik dan operator Ginger Moon Canteen dan Jackson Lily’s serta salah satu pendiri BRCA, mengaku senang dapat bermitra kembali dengan BHA untuk festival yang pasti akan memberikan inspirasi dan energi yang besar.

“BRCA fokus pada sumber daya dan mendukung produsen makanan dan minuman lokal, dan kami dengan senang hati berbagi penemuan kami serta kelezatan kuliner khas Bali dengan para tamu kami selama festival ini,” tandasnya.

Festival ini terbuka untuk semua pelanggan, bukan hanya tamu hotel, dan disarankan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu untuk memastikan tempat di hotel dan restoran yang berpartisipasi serta untuk meminimalkan sisa makanan.

Untuk melakukan pemesanan, silakan kunjungi www.baliismylife.com, di mana Anda dapat menemukan informasi tentang semua hotel dan restoran yang berpartisipasi, menu yang ditawarkan, dan proses pemesanan.

Temukan dan nikmati berbagai hidangan dari menu pilihan BHA Sustainable Food Festival di salah satu hotel dan restoran yang berpartisipasi. Dari hidangan tradisional hingga kontemporer, mulailah petualangan kuliner Anda karena setiap tempat akan menampilkan hidangan berbeda yang menunjukkan pendekatan kreatif dan inovatif mereka terhadap keberlanjutan. Untuk mendapatkan daftar lengkap tempat yang berpartisipasi, kunjungi www.baliismylife.com. (bp)

Back to top button

Konten dilindungi!