Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Politik

Macet Tapi PKB Digendot, Koster Malah Hibahkan 3,3 Hektar Aset Pemprov di Badung

HIBAHKAN ASET LAGI: Bupati I Nyoman Giri Prasta hadiri penyerahan hibah tanah aset Pemprov Bali di Jaba Pura Puseh Desa, Adat Ambengan, Desa Ayunan Kecamatan Abiansemal, Badung, Rabu, 10 Mei 2023.

 

BADUNG, Balipolitika.com- Dalam kondisi jalanan di Bali yang makin hari makin macet dan menuai keluhan dari banyak pihak termasuk wisatawan asing, Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) masih menjadi andalan Pemprov Bali untuk memenuhi target Rp4,8 triliun Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada 2023.

Besarnya pengguna kendaraan pribadi di Bali baik sepeda motor maupun mobil menjadi salah satu alasan Pemda tetap menjadikan PKB salah satu sumber terbesar pendapatan daerah.

Apalagi seiring dengan pulihnya ekonomi Bali pasca pandemi, penjualan kendaraan baru diproyeksikan bakal meningkat drastis, sehingga pundi-pundi PAD dari pajak kendaraan diproyeksikan juga meningkat.

Kepala Badan Pendapatan Daerah Bali, I Made Shanta pajak kendaraan atau PKB masih sangat menjanjikan di 2023.

Dalam posisi banyaknya aset Pemprov Bali yang berpeluang menghasilkan PAD jika dikelola dengan baik sehingga bisa lepas dari ketergantungan pada PKB, Gubernur Bali Wayan Koster malah memilih kembali menghibahkan tanah aset Pemprov Bali.

Teranyar seluas 3,3 hektar dan ditujukan kepada Desa Adat Ambengan, Badung.

Lahan ini digunakan untuk pekarangan desa, Pura Prajapati, Setra, Balai Subak, balai banjar, dan Pura Melanting. Kepada Desa Adat Ayunan diserahkan tanah seluas 70 are untuk pekarangan desa.

Diserahkan juga 22 sertifikat dengan rincian 17 di Desa Adat Ambengan dan 5 sertifikat di Desa Adat Ayunan.

“Dengan segenap kerendahan hati saya mewakili Pemerintah Kabupaten Badung dan masyarakat Desa Adat Ambengan dan Desa Adat Ayunan mengucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur Wayan Koster dan Pemerintah Provinsi Bali karena telah menghibahkan tanah aset Pemprov untuk Desa Adat Ambengan dan Desa Adat Ayunan,” ujar Giri Prasta di Jaba Pura Puseh Desa Adat Ambengan, Desa Ayunan, Abiansemal, Rabu, 10 Mei 2023.

Acara yang dipimpinGubernur Bali itu turut dihadiri oleh Ketua DPRD Badung Putu Parwata, anggota DPRD Bali Bagus Alit Sucipta, I Nyoman Laka, Ketut Tama Tenaya, anggota DPRD Badung dapil Abiansemal, perwakilan Camat Abiansemal dan unsur tripika, Perbekel Ayunan Wayan Kumara Natha, Bendesa Adat Ayunan Made Seniarta, Bendesa Adat Ambengan Made Miasa, serta masyarakat setempat.

Pada kesempatan itu Giri Prasta turut mendoakan Gubernur Koster agar senantiasa diberikan kesehatan sehingga mampu menunaikan semua tugas dan kewajiban di masa jabatannya.

“Saya berdoa agar Bapak Gubernur senantiasa diberikan kesehatan dan masyarakat diberikan kekuatan untuk mendukung program Beliau,” harapnya. (bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!