Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

Rektor Unud Ambil Sumpah 8 PNS Anyar FMIPA

WAJAH BARU: delapan orang PNS baru di lingkungan FMIPA adalah Gusti Ayu Vida Mastrika Giri, S.Kom, M.Cs, Ida Ayu Gde Suwiprabayanti Putra, S.Kom, M.T, I Gede Surya Rahayuda, M.Kom, Ni Putu Yuni Nurmalasari, M.Si, Putu Veri Swastika, M.Si, I K Putra Juliantara, M.Si, Ni Made Widi Astuti, S.Farm, M.Si, dan Anggun Yuliarum Qur’ani, S.Si, M.Sc. 

 

BADUNG, Balipolitika.com- Universitas Udayana menyelenggarakan pengambilan sumpah bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) baru di lingkungan Unud yang dipimpin oleh Rektor Universitas Udayana Prof. I Nyoman Gde Antara, Selasa, 2 Mei 2023 di Gedung Auditorium Widya Sabha Kampus Jimbaran.

Acara yang dihadiri pula oleh Pimpinan Universitas dan Pimpinan Fakultas tempat home base PNS ini diawali dengan upacara Mejaya-jaya di Pura Maha Widya Saraswati bagi PNS yang beragama Hindu.

Selanjutnya dengan didampingi oleh rohaniawan sesuai agama masing-masing seluruh PNS baru melaksanakan acara pengambilan sumpah dan penandatanganan berita acara secara simbolis yang dilakukan oleh perwakilan masing-masing agama.

Sebanyak 102 PNS yang diambil  sumpah atau janjinya terdiri dari 1 orang tenaga kependidikan di Biro Umum, 5 Orang Tenaga Pendidik (Dosen) pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 10 orang Dosen di Fakultas Hukum, 43 Orang Dosen di Fakultas Kedokteran, 8 Orang di Fakultas MIPA, 4 orang dosen di Fakultas Pariwisata, 6 orang Dosen di Fakultas Pertanian, 23 orang dari Fakultas Teknik, dan 2 orang dosen di Fakultas Teknologi Pertanian.

I Nyoman Gde Antara dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada PNS yang telah bergabung di Unud dan berharap kehadirannya memperkuat barisan untuk memajukan Universitas Udayana yang sama-sama dicintai.

“Proses yang begitu panjang telah dilalui dalam persaingan yang begitu ketat, terlebih lagi masa kekinian di mana pemerintah jelas-jelas membutuhkan PNS dalam jumlah yang sangat kecil. Maka dari itu dengan persaingan yang begitu ketat dari awal sampai akhir maka para PNS ini telah berhasail melalui tahapan-tahapan dengan baik sehingga diterima sebagai pegawai negeri sipil yang pada akhirnya sekarang mengucapkan janji atau sumpah sebagaimana persyaratan yang diberlakukan,” ucapnya.

“Mudah-mudahan bergabungnya Saudara di keluarga besar Universitas Udayana memberikan dampak yang siginifikan untuk kemajuan Universitas Udayana yang sama-sama kita cintai,” ujar Rektor Unud.

Lebih lanjut Antara menyampaikan tugas dan tanggung jawab sebagai pegawai negeri sipil itu adalah tanggung jawab kita kepada bangsa dan negara sehingga PNS pada hahekatnya adalah pengabdian.

“Marilah kita sama-sama memajukan Universitas Udayana di mana pun ditugaskan sebagai aparatur sipil negara dan agar dapat selalu bersinergi,” sambungnya.

Pada kesempatan tersebut Rektor juga menjelaskan sekilas tentang Unud yang saat ini masih berstatus BLU (Badan Layanan Umum) dan akan segera menapak menjadi PTN-BH (Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum).

Dalam masa transformasi ini sungguh banyak yang harus dilakukan, keberhasilannya kita sebagian besar tentunya akan ditentukan oleh kesiapan SDM baik itu tenaga pendidik, tenaga kependidikan, mahasiswa dan termasuk alumni.

Untuk rektor berharap agar civitas akademika Universitas Udayana dapat bekerja dengan sungguh-sungguh karena tantangan kedepan menjadi PTN BH luar biasa beratnya.

“Harapan kita setelah menjadi PTN BH pilar-pilar universitas seperti profesionalisme, efisiensi dan lainnya otomatis dapat tercipta, karena pada prinsipnya PTN BH berarti peningkatan layanan kepada masyarakat di bidang pendidikan dengan mengusung efisiensi yang setinggi-tingginya. Melalui pengucapan sumpah atau janji ini, para PNS menjadi insan-insan PNS yang bertanggung jawab terhadap apa yang mesti dilakukan,” ungkap Prof. Antara.

Adapun ke delapan orang PNS baru di lingkungan FMIPA adalah Gusti Ayu Vida Mastrika Giri, S.Kom, M.Cs, Ida Ayu Gde Suwiprabayanti Putra, S.Kom, M.T, I Gede Surya Rahayuda, M.Kom, Ni Putu Yuni Nurmalasari, M.Si, Putu Veri Swastika, M.Si, I K Putra Juliantara, M.Si, Ni Made Widi Astuti, S.Farm, M.Si, dan Anggun Yuliarum Qur’ani, S.Si, M.Sc.

Saat dihubungi terpisah, salah satu PNS di lingkungan FMIPA yaitu Gst. Vida Mastrika Giri, S.Kom, M.Cs yang merupakan salah satu alumni S1 PS.

Ilmu Komputer Universitas Udayana dan Juga Alumni S2 PS. Ilmu Komputer Universitas Gadjah Mada.

“Saya sangat senang dan bangga bisa menjadi dosen PNS di Universitas Udayana. Selama menjadi CPNS, saya mempelajari bahwa suasana kerja di Fakultas MIPA sangat baik, semua komponen saling mendukung sehingga saya dan semua dosen CPNS bisa beradaptasi dan menjalankan tugas dengan baik. Sebagai dosen PNS baru, saya berharap semoga kami dapat menjunjung tinggi nama baik diri kami sendiri dan institusi, serta menepati semua sumpah yang kami ucapkan tadi,” ucapnya.

Sementara itu I K Putra Juliantara, M.Si, PNS dari Program Studi Biologi menyampaikan “pengambilan sumpah/janji PNS merupakan momen sakral tak terlupakan karena di setiap janji yang terucap harus kita pertanggungjawabkan secara moral kepada diri sendiri, institusi, dan negara. semoga setelah 100% menjadi PNS, menjadi motivasi lebih untuk memajukan FMIPA khususnya, dan Universitas Udayana umumnya, serta dapat melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi lebih optimal.” (bp/Unud.ac.id)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!