Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

Lepas 430 Lulusan, SMK TI Bali Global Denpasar Pamer Robot Masatua Bali

EDUKASI ERA BARU: Kepala SMK TI Bali Global Denpasar luncurkan Robot Masatua Bali saat lepas 430 siswa kelas XII di Prime Plaza Hotel, Sanur, Rabu, 3 Mei 2023. 

 

DENPASAR, Balipolitika.com– Langkah besar nyata dipertontontonkan SMK TI Bali Global Denpasar saat melepas 430 lulusan siswa kelas XII Tahun Pelajaran 2022/2023 di Prime Plaza Hotel, Sanur, Rabu, 3 Mei 2023. 

Tim Robotic Globaliti Denpasar membuat suasana makin spesial setelah me-launching Robot Masatua Bali dalam acara pelepasan yang dihadiri oleh Pembina, Ketua, Wakil Ketua, dan Sekretaris Yayasan Widya Dharma Shanti selaku Badan Hukum Penyelenggara Pendidikan SMK TI Bali Global Denpasar, Rektor ITB STIKOM Bali, serta seluruh guru dan pegawai SMK TI Bali Global Denpasar.

Di hadapan ratusan audiens robot yang dirakit dalam tempo dua bulan itu mengucapkan sejumlah kalimat dalam bahasa Bali dan membuat tim Tim Robotic Globaliti Denpasar dihadiahi tempuk tangan meriah.

Tak hanya dalam aspek robot, SMK TI Bali Global Denpasar juga memamerkan kebolehan di bidang seni dan budaya sekaligus penyerahan penghargaan juara umum kelas XII, penyerahan nominasi The Most siswa kelas XII, dan penyerahan kembali siswa kepada orang tua.

Berbagai mata acara hiburan pun dipertontonkan antara lain Bondres Celekontong Mas, pagelaran “Manik Angkeran” dan Teater Bagol. 

Kepala SMK TI Bali Global Denpasar, Drs. I Gusti Made Murjana, M.Pd., mengatakan 430 lulusan kelas XII yang dilepas terdiri dari 97 siswa Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak, 53 Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan, 212 Jurusan Multimedia, 32 Jurusan Animasi, dan 36 Jurusan Desain Komunikasi Visual. Dilepasnya 430 siswa ini menjadikan total alumni SMK TI Bali Global berjumlah 5.719 orang.

Murjana juga memaparkan berbagai capaian prestasi akademik dan non akademik yang diraih oleh siswa SMK TI Bali Global Denpasar. 99 prestasi akademik dan non akademik diraih tahun 2022 terdiri atas 25 prestasi tingkat regional, 72 prestasi tingkat nasional, dan 2 prestasi tingkat internasional.

“Hingga Mei di tahun 2023 ini telah berhasil meraih 29 prestasi yang terdiri dari 23 prestasi di tingkat nasional dan 6 di tingkat regional. Selain itu, pada event Porjar tahun 2023, berhasil meraih 8 medali, yaitu 2 medali emas, 3 medali perunggu, dan 3 medali perak,” terangnya disambut tepuk tangan. 

Sembari menekankan perjuangan berat menunggu lulusannya di era industri 5.0, Murjana berpesan agar para lulusan bisa memantapkan diri bekerja sambil kuliah.

Tak kalah penting, para lulusan diharapkan tetap beretika di mana pun berada. Tegasnya beretika merupakan salah satu bentuk disiplin yang terus diterapkan di SMK TI Bali Global Denpasar dan disiplin adalah kunci dari kesuksesan dalam berbagai bentuk kegiatan.

Menyongsong digitalisasi, jelasnya SMK TI Bali Global Denpasar sangat siap menghadapi revolusi industri 4.0 maupun 5.0. “Saya tetap berharap kepada anak-anak agar prestasi ini tetap bisa dipertahankan, bahkan ditingkatkan. Kami siap memfasilitasi mereka untuk berkompetisi, baik di tingkat regional, nasional, maupun internasional,” tutup Murjana. (bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!