Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Ekbis

Bali Digempur Ritel Modern, Jokowi Siratkan Pentingnya Pasar Tradisional

UTAMAKAN EKONOMI LOKAL: Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE, MM, didampingi Ny. Rai Wahyuni Sanjaya dampingi Presiden RI Ir. Joko Widodo kunker di Pasar Induk Baturiti, Tabanan, Kamis, 2 Februari 2023.

 

 

TABANAN, Balipolitika.com-Pesan penting tersirat dalam setiap kunjungan Presiden Joko Widodo ke Pulau Dewata, Bali.

Terakhir pesan untuk berpihak pada UMKM lokal, khususnya pasar tradisional tampak jelas saat Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE, MM, didampingi Ny. Rai Wahyuni Sanjaya, menyambut langsung kedatangan Presiden RI Ir. Joko Widodo beserta Ibu Negara, Iriana Jokowi di Pasar Induk Baturiti, Kecamatan Baturiti, Tabanan, Kamis, 2 Februari 2024.

Dalam kondisi hampir di setiap ruas jalan di Bali kini bercokol ritel modern, presiden yang akrab disapa Jokowi tersebut, beserta Ibu Negara, Menteri PUPR serta jajaran kabinet lainnya dan Gubernur Bali, Wayan Koster didampingi Bupati Tabanan Sanjaya beserta Istri dan OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan melakukan peninjauan ke Pasar Induk Baturiti.

Jokowi beserta Ibu Negara dan jajaran disambut hangat oleh para pedagang, khususnya saat membeli buah wani, mangga, dan kedondong, serta menyalurkan BLT secara simbolis kepada 10 pedagang.

Tidak hanya itu, Jokowi juga menyempatkan diri menyapa masyarakat, sekaligus membagikan baju dan paket sembako kepada masyarakat, khususnya para lansia.

Jokowi mengaku hadir untuk mengecek harga-harga kebutuhan pokok masyarakat.

“Tadi saya cek harga minyak masih baik, 15 ribu ada kenaikan sedikit. Saya kira sudah biasa naik turun 15 ribu. Kemudian harga-harga yang lain saya lihat stabil, baik,” ungkap Jokowi.

Merespons kenaikan harga kebutuhan pokok beras di seluruh provinsi, Jokowi mengatakan akan dilakukan operasi pasar besar-besaran oleh Bulog.

Pesan tersirat Sang Presiden tampaknya dicerna dengan baik oleh Sanjaya.

Sanjaya berharap kunker presiden berdampak menstabilkan harga kebutuhan pokok di Tabanan.

“Tadi juga pesan Beliau (Pak Jokowi) bagaimana kita menjaga kearifan lokal. Pasar tradisional ini penting. Karena ini kan UMKM. Jadi pasar tradisional ini menjadi atensi dan tetap dijaga,” ujar Sanjaya.

ia berharap kunjungan ini memberikan hal positif bagi masyarakat Tabanan.

“Mudah-mudahan Bapak Presiden memperhatikan pasar-pasar kami yang ada di Tabanan, khususnya Pasar Induk Tabanan. Karena di Pasar Induk kami pernah ajak Bapak Presiden 10 tahun yang lalu melihat Pasar Induk kita di Tabanan. Selayaknya (Pasar Induk Tabanan) memang seharusnya direvitalisasi,” tutupnya. (bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!