Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pemerintahan

Rakor APKASI-Bali Jadi Jembatan Kerja Sama Antar Daerah

LINTAS PROVINSI: Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta dalam rapat koordinasi Koordinator Wilayah (Korwil) Bali, Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) di Wyndam Tamansari Jivva Resort, Klungkung, Bali, Senin, 30 Mei 2022.

 

KLUNGKUNG.Balipolitika.com– Hangat dan penuh kekeluargaan mewarnai jalannya Rapat Koordinasi Koordinator Wilayah (Korwil) Bali, Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) di Wyndam Tamansari Jivva Resort, Klungkung, Bali, Senin, 30 Mei 2022. Rakor dihadiri langsung oleh Wakil Ketua Umum Apkasi, Mochamad Nur Arifin, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Bali, I Gede Indra Dewa Putra, Bupati/Walikota se-Bali, dan sejumlah undangan penting lainnya.

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta selaku Kordinator APKASI Wilayah Bali mengatakan Apkasi berperan aktif sebagai penyedia advokasi, mediasi, dan fasilitasi bagi pemerintah kabupaten dengan pemerintah pusat berbekal segala potensi masing-masing daerah menuju kesejahteraan masyarakat. “Di Bali ini banyak sekali potensi di setiap kabupaten. Kiranya Apkasi sebagai jembatan melakukan koordinasi komunikasi kerja sama antar daerah,” ujar Bupati Suwirta

Bupati Suwirta juga berharap APKASI lebih optimal menjalankan fungsi sebagai mitra kritis dan strategis pemerintah dalam penyusunan kebijakan nasional tentang pemerintah daerah. Selain itu, APKASI sebagai fasilitator dalam memperjuangkan kepentingan dan aspirasi daerah kepada pemerintah pusat, memfasilitasi kerja sama antar daerah dalam rangka peningkatan kapasitas dan pengembangan potensi ekonomi, pertukaran ide, informasi dan pengalaman antar pemerintah daerah serta mendorong promosi-potensi daerah untuk meningkatkan pencitraan daerah dalam rangka menghadapi persaingan regional dan global.

 

“Apkasi yang bermitra dengan pemerintah pusat dalam rangka diseminasi dan sosialisasi berbagai peraturan dan perundang-undangan serta kebijakan di bidang otonomi daerah,” tandas Bupati Suwirta. Wakil Ketua Umum Apkasi, Mochamad Nur Arifin menjelaskan Apkasi ini membahas segala bentuk isu strategis. Isu itu disampaikan dan dibahas dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada Juni 2022 mendatang di Kabupaten Bogor. “Yang paling penting kita bahas dalam hal ini pemulihan ekonomi pasca pandemi, ” ucap Bupati Trenggalek itu. (lit/bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!