Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Siaga Bencana

Banjir Genangi Rumah Warga Desa Limbong Wara

JAGA ALAM: Sebanyak 86 rumah warga di Kabupaten Luwu Utara, Provinsi Sulawesi Selatan, terdampak banjir pada Minggu (13/2/2022), pukul 04.30 waktu setempat.

 

SULAWESI SELATAN, Balipolitika.com – Sebanyak 86 rumah warga di Kabupaten Luwu Utara, Provinsi Sulawesi Selatan, terdampak banjir pada Minggu (13/2), pukul 04.30 waktu setempat. Wilayah yang terendam berada di Desa Limbong Wara, Kecamatan Malangke Barat.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Luwu Utara menyebutkan 86 KK atau 316 jiwa terdampak peristiwa tersebut. Banjir yang terjadi setelah hujan intensitas tinggi juga menyebabkan 9 KK mengungsi ke tempat yang lebih aman. Tidak ada korban luka-luka akibat banjir dengan tinggi muka air antara 20 – 25 cm.

Data BPBD setempat mencatat lahan terdampak, antara lain kebun jagung 40 hektar dan kebun kakao 10 hektar. Kerugian lain mencakup tempat usaha 3 unit, jembatan beton 1 unit dan tambatan perahu 1 unit.

Menyikapi kondisi ini, BPBD Kabupaten Luwu Utara bersama TNI, Polri, aparat kecamatan dan desa serta warga membantu warga yang harus mengungsi. Di samping itu, mereka bersiaga untuk mengantisipasi dampak yang lebih buruk.

Prakiraan cuaca dalam dua hari ke depan, wilayah Kecamatan Malangke Barat masih berpeluang hujan dengan intensitas ringan. Di samping itu, Malangke Barat termasuk 12 kecamatan di Kabupaten Luwu Utara yang memiliki potensi bahaya banjir dengan kategori sedang hingga tinggi. Menyikapi kondisi ini, pemerintah daerah dan warga diimbau untuk siap siaga. (dah/bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!