Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Kesehatan

RS Ari Canti Mantapkan Layanan Rehabilitasi Medik

INFO KESEHATAN : RS Ari Canti utamakan pelayanan demi kepuasan pasien.

 

GIANYAR, Balipolitika.com- RS Ari Canti, Jalan Raya Mas, Ubud, Gianyar menyediakan sarana dan prasarana yang memadai sebagai penunjang pelayanan kesehatan yang berkualitas.

Direktur RS Ari Canti, dr. I Wayan Aryawan, MM merinci sarana prasarana dimaksud meliputi sarana gedung, peralatan medis, dan non medis.

“Layanan yang dikembangkan saat ini adalah layanan rehabilitasi medik, yaitu pelayanan medis menyeluruh untuk beberapa penyakit penyebab keterbatasan fungsi maupun kecacatan dengan tujuan mengoptimalkan fungsi tubuh yang masih tersisa, mencegah kecacatan fisik sehingga tercapai kemandirian dan peningkatan kualitas hidup. Layanan ini diberikan kepada pasien segala usia, mulai dari bayi hingga lanjut usia,” jelas dr. I Wayan Aryawan.

Setiap pasien datang dengan permasalahan berbeda sehingga pelayanan yang diberikan sesuai dengan gangguan fungsional yang perlu dilakukan rehabilitasi. Sebelum dilakukan rehabilitasi medik pasien menjalani pemeriksaan dan penilaian oleh dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi dr. Cendy Dhamayanti, Sp. KFR untuk penentuan program terapi yang dibutuhkan. Selama ini fisioterapis yang merupakan tim dalam rehab medik sudah memberikan pelayanan di RS Ari Canti.

Sebelumnya pelayanan dilakukan dengan modalitas dan terapi manual. Saat ini dilakukan pengembangan layanan berfokus pada sub bagian fisioterapi dengan penambahan alat-alat exercise antara lain untuk pasien pasca stroke, pasca operasi patah tulang atau cedera ataupun kasus non trauma. Exercise dilayani di ruangan yang lebih luas dengan view pemandangan sawah dan pegunungan sehingga pasien lebih nyaman melakukan exercise.

Manajemen RS Ari Canti berharap penambahan layanan rehabilitasi medik dapat memberikan pelayanan optimal dan nyaman bagi pasien sehingga dapat meningkatkan kepuasan pasien serta keluarganya. (dah/bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!