Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Ekbis

Ini Kunci Gubernur Terbaik Asia Bangun Indonesia dari Bali

Kang Emil: bjb Entaskan Kemiskinan, Lawan Pinjol

KEMBALI KE BALI: Gubernur Jawa Barat, Dr. H. Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D. siap “Mesrakan Bali”.

 

NUSA DUA, Balipolitika.com- Kang Emil, gubernur terbaik di Asia versi Asiabusinessinfo International Award 2020 kembali hadir untuk kesekian kalinya sepanjang masa pandemi Covid-19 di Pulau Dewata, Bali. Gubernur Jawa Barat bernama lengkap Dr. H. Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D. ini memiliki agenda bertajuk “Mesrakan Bali” yang berlokasi di samping Pura Melanting Pasar Badung, Dangin Puri Kangin, Selasa (18/1/2022) sekitar pukul 09.00-10.30. Tujuannya untuk memberikan kredit tanpa bunga kepada masyarakat ekonomi lemah dan rentan. 

Mengawali program “Mesrakan Bali” ini, Kang Emil menghadirkan Presiden Joko Widodo secara virtual di Kecak Ballroom, Hotel Sofitel, Nusa Dua dalam acara bertajuk Gubernur Jawa Barat “Business Review”, Senin (17/1/2022). 

“Pak Jokowi tadi dalam statemennya menyatakan 3 kunci perekonomian Indonesia ke depan adalah hilirisasi industri, ekonomi hijau, dan ekonomi digital. Tiga itu kalau digabung dan kompak semua merespons, ekonomi kita akan luar biasa. Sekarang saja G20 yang akan digelar di Bali kita ranking 16. Tiga rumus ini kalau dipakai kita bisa ranking 10 dalam sepuluh tahun ke depan,” ucap sosok yang mengantarkan Provinsi Jawa Barat meraih Juara Umum Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua dengan raihan 353 medali (133 emas, 102 perak, dan 118 perunggu) itu, Senin (17/1/2022) malam. 

Kang Emil menekankan Bank bjb harus ikut dalam narasi besar itu. Kredit-kredit yang tadinya di zona-zona biasa digeser ke zona-zona yang mencakup hilirisasi industri, ekonomi hijau, dan ekonomi digital. 

Pemilik 14,9 juta followers yang siap endorse secara cuma-cuma produk UMKM Bali itu menambahkan Bank bjb ini adalah BUMD alias Badan Usaha Milik Daerah. Jadi, ada tugas-tugas pembangunan. Salah satunya mengentaskan kemiskinan, melawan pinjaman online, rentenir, dan lain sebagainya.

“Di mana ada Bank bjb, di situ harus ada kebaikan. Karena kebetulan ada Bank bjb cabang Bali, kita besok (Selasa, 18 Januari 2022) akan ada launching Kredit Mesra untuk mikro berbasis rumah ibadah di wilayah masing-masing,” ucapnya.

Bank bjb adalah bank BUMD milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Banten yang berkantor pusat di Bandung. Bank ini didirikan pada tanggal 20 Mei 1961 dengan bentuk perseroan terbatas, kemudian dalam perkembangannya berubah status menjadi Badan Usaha Milik Daerah. Khusus di Bali, Bank bjb Cabang Denpasar berkantor di Jalan Teuku Umar No. 69, Simpang Enam, Padang Sambian Kelod, Denpasar. (bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!