Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Ekbis

Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, BRI Gandeng Pemkot Untuk Kolaborasi

KOLABORASI :  BRI Gandeng Pemkot Untuk Kolaborasi dan Berdayakan UMKM

 

DENPASAR, BaliPolitika.com- Untuk meningkatkan pertumbuhan perekonomian khususnya usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk mengajak Pemerintah Kota Denpasar untuk berkolaborasi. Hal tersebut terungkap dalam kegiatan Gathering Ekosistem Desa yang diselenggarakan di Inna Bali Hotel Denpasar, Senin 3 Januari 2022.

 

Dalam kegiatan yang dihadiri puluhan mantri (marketing analisis mikro usaha) dan Kepala BRI Unit se Kota Denpasar tersebut BRI berkomitmen untuk membantu UMKM dengan menempatkan sejumlah petugas mantri di masing-masing desa atau kelurahan untuk memberikan pendampingan secara langsung.

 

Regional Micro Banking Head BRI Denpasar Kusdinar Wiraputra menyampaikan bahwa dengan ditugaskannya mantri sebagai pendamping bertujuan agar lebih mendekatkan diri kepada pelaku ekonomi yang ada di wilayahnya sehingga mampu memberikan solusi atas kendala-kendala yang dihadapi. “Tidak hanya seputar kredit melainkan bimbingan administrasi keuangan maupun membantu untuk memasarkan produk secara digital” tegasnya.

 

Sejalan dengan hal tersebut pihaknya saat ini sedang memfokuskan untuk memberikan pemahaman terkait produk-produk digital (digital literacy) sampai ke seluruh lapisan masyarakat khususnya para pelaku UMKM dimana hal tersebut merupakan upaya BRI untuk menjalankan salah satu fungsi dari mantrinya yaitu sebagai financial advisor.

 

Selain itu program pendampingan yang dikenal dengan istilah Pojok Mantri juga berperan untuk menciptakan klaster usaha baru yang diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup anggota maupun masyarakat sekitarnya serta mendukung pelaku UMKM yang sudah ada untuk dapat naik kelas.

 

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kota Denpasar DR I Dewa Made Agung, SE, M.Si dalam makalahnya menyampaikan bahwa saat ini Pemkot Denpasar sedang melaksanakan upaya strategis untuk pengembangan UMKM yakni dengan memberikan pembinaan dan bantuan kepada UMKM, meningkatkan kinerja UMKM melalui pelatihan serta memfasilitasi Hak Cipta bagi pelaku UMKM.

 

Dengan adanya kolaborasi ini pihaknya berharap UMKM yang ada di lingkungan Kota Denpasar dapat bangkit sehingga mampu mendorong pemulihan ekonomi secara keseluruhan.

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa Kota Denpasar Ni Nyoman Sukartini, SH yang menyambut baik dan berharap kolaborasi yang terbentuk ini nantinya mampu meningkatkan perekonomian masyarakat kota Denpasar khususnya para pelaku UMKM. (dah/bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!