Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Politik

Survei Aspirasi Figur Pilgub Bali 2024: Giri Prasta Tertinggi, Koster Nomor 5

ASPIRASI RAKYAT BALI: Hasil survei terkait tokoh paling populer sebagai Calon Gubernur Bali di Pilkada Serentak 2024 yang digarap Lembaga Kajian dan Penelitian Peradah ( LKPP). 

 

DENPASAR, Balipolitika.com Gabungan sejumlah lembaga atau organisasi Hindu merilis hasil survei terkait tokoh paling populer sebagai Calon Gubernur Bali di Pilkada Serentak 2024.

Berdasarkan survei yang digagas Lembaga Kajian dan Penelitian Peradah ( LKPP), dari sembilan figur teratas, Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta menempati posisi pertama, sementara mantan Gubernur Bali Wayan Koster menempati posisi kelima.

KPU Kabupaten Gianyar KPU Kabupaten Gianyar

Ketua Penasihat Lembaga Kajian dan Penelitian Perhimpunan Pemuda Hindu (LKPP Peradah) Indonesia, I Gede Ariawan menyampaikan survei dilakukan sejak 27 Februari sampai 27 April 2024 yang disebarkan via media sosial.

Di mana survei tersebut menyasar responden berusia 17 tahun ke atas dalam berbagai profesi dan berdomisili di 9 kabupaten/kota di Bali dengan margin of error sebesar 1,8 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Dilaksanakan untuk menjaring aspirasi masyarakat Bali demi kepemimpinan Bali ke depan, metode penarikan sampel dalam survei tersebut dipilih secara acak atau probability sampling.

“Survei ini kami laksanakan sebagai upaya menyerap aspirasi berbagai komunitas masyarakat terkait siapa figur yang dianggap paling populer yang akan maju di Pilgub Bali. Survei kami lakukan dengan metode kuisioner yang berisikan beberapa pertanyaan yang disebar di media sosial dan langsung menyasar berbagai komunitas masyarakat yang tinggal di Bali,” papar Gede dalam keteranganya, Senin, 29 April 2024.

Wakil Ketua Dewan Pimpinan Pusat Persadha Nusantara, Gede Suardana menyampaikan hasil survei menyimpulkan lima besar figur yang populer untuk memimpin Bali 5 tahun ke depan dengan posisi teratas I Nyoman Giri Prasta (31 persen) responden.

Posisi kedua AAGN Ari Dwipayana (Koordinator Staf Khusus Presiden/Ketua Yayasan Puri Kauhan Ubud) (17 persen) disusul Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra anggota DPD terpilih (12 persen), posisi keempat Arya Wedakarna dengan (10 persen) dan Mantan Gubernur Bali, Wayan Koster di posisi kelima dengan (9 persen) responden.

Adapun tokoh Bali lainnya yang masuk dalam survei ini mencakup Majelis Agung PKN Gede Pasek Suardika, Menteri PPPA Bintang Puspayoga, WakaBIN Letjend TNI Cantiasa, Anggota DPR RI Demer, Rai Wirajaya, Sesmen Parekraf Wayan Giri dan anggota DPD terpilih Niluh Djelantik.

Survei tersebut tidak hanya memunculkan nama, tapi berisi juga kriteria dan harapan bagaimana figur yang tepat untuk memimpin dan mengatasi masalah-masalah yang ada di Bali selama 5 tahun ke depan.

“Secara garis besar, harapan responden lebih banyak dalam beberapa hal seperti pendidikan, infrastruktur, kemudian pariwisata tentunya. Selain itu banyak juga soal pelestarian budaya, dan soal transportasi,” ungkap Dwija Sekretaris Prajaniti Bali.

Ketua DPD Persadha Nusantara Bali Ketut Sae Tanju menjelaskan survei aspirasi masyarakat Bali ini dilaksanakan oleh gabungan lintas lembaga seperti yakni DPN PERADAH Indonesia, DPD Prajaniti Bali, DPD Persadha Nusantara, dan LKPP.

“Survei kami dilakukan untuk menginisiasi aspirasi bagi generasi muda dan masyarakat Bali terhadap calon pemimpin Bali di periode 2024-2029 serta berbagai masukan dan harapan untuk kemajuan Provinsi Bali ke depannya di tengah berbagai masalah yang ada saat ini,” ujar mantan Ketua PD KMHDI Bali ini. (bp/ken)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!