Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

DaerahNasionalPemerintahanPolitik

Prabowo-Gibran Unggul di TPS Ketua Pemenangan Ganjar-Mahfud Klungkung

PEMILU 2024: Proses Perhitungan Suara di TPS 06 Banjar Mergan, Klungkung Tempat Ketua TPK Ganjar-Mahfud Memilih

KLUNGKUNG Balipolitika.com- Pasangan calon (paslon) nomor 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, unggul sementara dari hasil penghitungan sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Klungkung. Di antaranya, sejumlah TPS tempat tokoh-tokoh Klungkung menyalurkan hak suara mereka. Proses penghitungan suara di sejumlah TPS dimulai sekitar pukul 13.30, pada Rabu, 14 Februari 2024.

Bahkan, di TPS 06 Kelurahan Semarapura Kelod Kangin, Prabowo-Gibran unggul. Ini merupakan TPS Ketua DPRD Klungkung yang juga Ketua Tim Pemenangan Kabupaten (TPK) Ganjar-Mahfud, Anak Agung Gde Anom, mencoblos. Di TPS ini, pasangan Prabowo-Gibran unggul tipis dengan perolehan 101 suara. Perolehan suara tersebut hanya lima suara lebih banyak dari pasangan Ganjar-Mahfud yang mendapat 96 suara. Sementara, Anies-Muhaimin mendapat 15 suara. Tercatat, cukup banyak pemilih yang tidak hadir di TPS 06. Dari 292 daftar pemilih tetap (DPT), yang datang hanya 213 orang. Sisanya, 79 orang tidak menggunakan hak pilih.

Anak Agung Gede Anom yang juga ketua DPC PDIP Kabupaten Klungkung tak banyak berkomentar soal kekalahan Ganjar-Mahfud di kandangnya. “Di luar ekspektasi, benar-benar di luar ekspektasi. Saya tidak bisa ngomong apa,” katanya. Menurutnya, kondisi ini tidak saja terjadi di Kabupaten Klungkung. Dia memprediksi hal serupa terjadi di daerah lain. Meski demikian, politikus asal Banjar Mergan, Kelurahan Semarapura Kelod Kangin, ini menilai menang atau kalah hal biasa dalam politik. “Ini masih menunggu semua TPS di Klungkung, sambil menunggu perhitungan suara DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten,” pungkasnya.

Berdsarkan pantauan media, ada sejumlah TPS tempat tokoh-tokoh di Klungkung mencoblos yang dimenangi Prabowo-Gibran. Antara lain, TPS 07 Desa Sakti, Kecamatan Nusa Penida, tempat Ketua DPC Partai Gerindra Klungkung, I Wayan Baru, memilih. Pasangan Prabowo-Gibran unggul sangat telak dengan perolehan 237 suara, sementara Ganjar-Mahfud hanya 9 suara. Sedangkan Anies-Muhaimin tidak mendapat suara sama sekali. Kemudian, di TPS 15 Desa Akah, tempat mantan Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta memilih, Prabowo-Gibran juga unggul dengan perolehan 184 suara, diikuti Ganjar-Mahfud dengan 52 suara, dan Anies-Muhaimin 3 suara. Sementara, di TPS mantan Bupati I Nyoman Suwirta, TPS 8 Kamasan, suara presiden dan wakil presiden belum dihitung. Petugas KPPS mendahulukan menghitung suara DPRD Kabupaten. (dp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!