Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Transportasi

Pemprov Bali Jajaki Kerjasama Dengan PT Dirgantara Indonesia

Salah Satu Perusahaan Aerospace di Asia

KERJASAMA: Pj Gubernur Bali menerima Direktur Utama PT. Dirgantara Indonesia Gita Amperiawan beserta jajarannya, di Jayasabha, Denpasar pada Jumat, 19 Januari 2024

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Penjabat (Pj) Gubernur Bali, S.M. Mahendra Jaya, menyambut baik penjajakan kerjasama antara Pemprov Bali dan PT Dirgantara Indonesia (Persero).

Unit BUMN yang juga dikenal sebagai PTDI, merupakan salah satu perusahaan aerospace di Asia dengan kompetensi inti dalam desain dan pengembangan pesawat, pembuatan struktur pesawat, produksi pesawat, dan layanan pesawat untuk sipil dan militer dari pesawat ringan dan menengah.

Hal tersebut tercetus saat Pj Gubernur Bali menerima Direktur Utama PT. Dirgantara Indonesia Gita Amperiawan beserta jajarannya, di Jayasabha, Denpasar pada Jumat, 19 Januari 2024 sore.

Rencananya, di Bali PTDI akan mengembangkan pesawat berkode N219 yang didesain untuk menjawab misi presiden dalam hal pembangunan yang merata dan berkeadilan dengan menyediakan wahana konektivitas multimoda untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, juga dapat mendorong penyebaran pusat-pusat pertumbuhan ke wilayah yang belum berkembang.

Juga untuk mendukung industri jasa maintenance, repair and overhaul serta membangun ekosistem untuk menumbuhkan industri komponen pesawat karya anak bangsa tersebut.

Selain itu, Bali dipilih karena potensinya akan industri pariwisata yang sangat potensial pula untuk pengembangan wisata dirgantara.

Bali juga dipandang sebagai lokasi yang cocok untuk pembangunan sekolah kedirgantaraan, sebuah lembaga pendidikan dan industri dalam meningkatkan kemandirian teknologi dan local content.

Pj Gubernur Mahendra Jaya dalam kesempatan tersebut menyatakan akan mensupport penuh kebijakan-kebijakan pemerintah pusat apalagi seiring dengan upaya pemerataan pembangunan di Bali.

“Saya juga mengharapkan akan banyak putra-putri asal Pulau Dewata yang turut terlibat dalam fasilitas besutan PTDI nantinya,” tukasnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kadis Perhubungan Provinsi Bali IGW Samsi Gunarta.(bp/luc)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!