Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Ekbis

Vietjet Maskapai Penerbangan Teraman di Dunia

Versi AirlineRatings

PENERBANGAN TERAMAN: Vietjet dinobatkan sebagai salah satu maskapai penerbangan teraman di dunia oleh AirlineRatings

 

 

JAKARTA, Balipolitika.com- Vietjet kembali dinobatkan sebagai salah satu maskapai penerbangan
teraman di dunia untuk tahun 2024 oleh AirlineRatings, sebuah situs web global yang menilai keselamatan dan produk penerbangan.

AirlineRatings juga menempatkan Vietjet pada peringkat bintang tujuh, yang merupakan peringkat tertinggi untuk keselamatan penerbangan di dunia sejak tahun 2018.

Dalam melakukan penilaian tahunannya, AirlineRatings memantau 385 maskapai penerbangan global dengan mempertimbangkan catatan insiden maskapai dalam beberapa tahun terakhir, usia armada, hasil audit yang dilakukan oleh badan pengatur penerbangan, seperti Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) dan otoritas penerbangan lainnya.

Vietjet dan sejumlah maskapai berbiaya rendah terkemuka lainnya di dunia telah menduduki posisi 10 besar secara konsisten dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini mencerminkan kinerja yang sangat baik dalam
menjaga keselamatan penerbangan bagi awak pesawat dan penumpang.

Pemimpin Redaksi AirlineRatings.com, Geoffrey Thomas, mengatakan “Dedikasi Vietjet dalam memastikan budaya keselamatan di seluruh aspek operasionalnya patut dipuji, terutama seiring dengan upaya perluasan jaringan penerbangan yang tengah dilakukan oleh maskapai ini. Penerapan sistem manajemen keselamatan yang kuat dan kepatuhan yang ketat terhadap peraturan internasional telah berkontribusi positif pada indikator keandalan teknis yang sangat baik bagi maskapai ini. Dengan demikian, hal ini memastikan tingkat keselamatan operasional Vietjet selalu berada pada tingkat tertinggi selama bertahun-tahun.”

Di Indonesia, Vietjet telah berhasil mengoperasikan layanan penerbangan yang menghubungkan Indonesia dan Vietnam secara efektif. Saat ini, maskapai asal Vietnam ini telah melayani empat rute: dari Bali ke Ho Chi Minh City, Bali ke Hanoi, Jakarta ke Ho Chi Minh City, dan layanan penerbangan Jakarta – Hanoi yang baru saja diluncurkan.

Selain mampu memperluas jaringan penerbangan, hal ini juga menandai peluncuran rute langsung keempat dalam rangkaian koneksi langsung antara kedua negara tersebut.

Vietjet terus memperbarui armadanya dengan pesawat modern dan hemat bahan bakar yang memiliki tingkat keandalan teknis hingga 99,72%, sehingga menjadikannya sebagai salah satu operator penerbangan terkemuka baik di kawasan Asia Tenggara maupun seluruh dunia.

Maskapai ini juga terus berinvestasi dalam pelatihan, teknologi pesawat, dan layanan MRO (Maintenance, Repair, Overhaul) guna menjamin standar tertinggi dalam hal keselamatan dan kualitas.

Sebagai inisiatif terbaru, Vietjet Aviation Academy secara resmi menjadi mitra pelatihan dari International Air Transport Association (IATA) untuk memastikan tersedianya tenaga kerja penerbangan yang berkualitas tinggi.

Selain itu, Vietjet dan Lao Airlines telah berkolaborasi dalam mengoperasikan pusat perawatan pesawat di Bandara Internasional Wattay di Vientiane, Laos. Langkah ini menunjukkan pendekatan proaktif maskapai ini dalam manajemen pemeliharaan pesawat.

Penilaian AirlineRatings terhadap keselamatan dan produk dalam penerbangan telah digunakan oleh jutaan penumpang dari 195 negara dan standar industri yang diandalkan untuk peringkat keselamatan dan produk.(bp/luc)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!