Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

BEM FKH Unud Adakan Seminar Nasional Kewirausahaan

BEM FKH Unud Adakan Seminar Nasional Kewirausahaan, Berkolaborasi Memperkenalkan Bisnis Maggot pada Peserta 

 

DENPASAR Balipolitika.com-Pada hari Minggu, 22 Oktober 2023, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Udayana (UNUD) menyelenggarakan kegiatan Seminar Nasional Kewirausahaan dengan mengangkat tema ”Creating Young Entrepreneur With Creativity, Innovation, and Independence”. Seminar Nasional ini diselenggarakan secara luring di Ruang Sidang lantai satu kampus Sudirman dan daring melalui Cisco Webex pada pukul 12.30 WITA sampai pukul 18.05 WITA.

Seminar Nasional ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memperkenalkan kewirausahaan yang dapat dilakukan dalam prospek kerja seorang dokter hewan dan meningkatkan minat dan motivasi mahasiswa dalam berwirausaha. Kegiatan ini juga dibuka secara simbolis oleh Dekan FKH UNUD, Prof. Dr. drh. I Nyoman Suartha, M.Si. Dekan FKH UNUD dalam sambutannya ia menyampaikan bahwa jiwa kewirausahaan haruslah ada dalam diri, walaupun nantinya kita akan menjadi seorang dokter hewan karena dari jiwa wirausaha kita dapat mencari peluang peluang yang baik untuk kedepannya dan dapat menciptakan lapangan kerja baru.

Pada kegiatan Seminar Nasional Kewirausahaan menghadirkan dua pembicara yang tentunya sangat berpengalaman dalam berwirausaha, yaitu Ibu Komala Inggarwati, SE., M.M., M.Bus., (Mgt)., Ph.D, dan I Putu Soma Rolandwika seorang pengusaha Maggot pada Magi Farm.

Pemaparan materi pertama oleh Ibu Komala Inggarwati, SE., M.M., M.Bus., (Mgt)., Ph.D mengenai cara membangun bisnis, bagaimana membentuk entrepreneur muda yang kreatif, inovatif dan mandiri, dan membuat strategi bisnis. Para peserta webinar sangat antusias mendengarkan pemaparan materi, hal tersebut dapat dilihat dari para peserta seminar yang aktif

Sesudah pemaparan materi satu, dilanjutkan pemaparan materi kedua oleh I Putu Soma Rolandwika mengenai pengenalan dan Penjelasan media pembibitan maggot. pemaparan materi kedua ini juga tidak kalah menarik, karena para peserta sangat interaktif ketika sesi diskusi. Seminar nasional kewirausahaan ini juga ditutup dengan pemberian materi yang kedua, dan dilanjutkan pada sesi ISBAMA oleh peserta luring.

Setelah sesi ISBAMA usai, masuklah ke sesi workshop pertama yang dibawakan oleh Ni Nyoman Rida Bimastini, S.E. Sesi ini peserta mendemonstrasikan langsung pemberian pakan pada maggot dari sampah sisa makanan organik, dan memanen maggot yang siap untuk diperjualbelikan. Para peserta dapat merasakan sensasi langsung saat memanen maggot.

Sesi pertama ditutup dengan melakukan dokumentasi di depan patung Saraswati, dan dilanjutkan pada sesi kedua. Workshop kedua ini dibawakan langsung oleh Ibu Komala Inggarwati, SE., M.M., M.Bus., (Mgt)., Ph.D. Peserta diajak langsung untuk membuat business plan secara berkelompok, dan mempresentasikan langsung di depan para peserta, dan sesi ini diakhiri dengan pemberian hadiah kepada kelompok yang terbaik dalam membuat business plan.

“Kegiatan seminar nasional dan workshop kewirausahaan ini sangat menarik, karena menurut saya tujuan dari kegiatan tersampaikan kepada para peserta, dan dengan adanya workshop Maggot Experience membuat kegiatan ini tambah menarik, terutama dalam menambah pengalaman saya”, ungkap Faustina Apriliani Dolu sebagai salah satu peserta yang hadir. (dp/Unud.ac.id)

 

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!