Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

DaerahPemerintahan

Adi Arnawa Ajak Generasi Muda Gelorakan Sumpah Pemuda

Sumbang Rp40 Juta HUT Ke-56 ST Taruna Jaya Banjar Tambak Sari Kapal

SUMPAH PEMUDA: Sekda Adi Arnawa saat menghadiri HUT ke-56 ST Taruna Jaya di Banjar Tambak Sari, Desa Adat Kapal, Sabtu, 28 Oktober 2023.

 

MANGUPURA, Balipolitika.com Sekretaris Daerah I Wayan Adi Arnawa, mewakili Bupati Badung, menghadiri puncak perayaan HUT Ke-56 ST Taruna Jaya, yang mengambil tema “Kali Kini” yang berarti menampak zaman Menarung Jiwani.

Rangkaian acara dilaksanakan sejak tanggal 22 Oktober 2023 dengan perlombaan Tari Bali Anak-anak se-Provinsi Bali.

Acara ulang tahun dilaksanakan di Banjar Tambak Sari, Desa Adat Kapal, Sabtu, 28 Oktober 2023.

Turut hadir perwakilan Camat Mengwi, Lurah Kapal I Nyoman Adi Setiawan, Bendesa Adat Kapal I Ketut Sudarsana serta pemuda-pemudi dan warga setempat.

Pada kesempatan tersebut, Sekda Adi Arnawa menyerahkan dana sebesar Rp10 juta dan untuk Tari Condong sebesar Rp 30 juta yang diterima langsung Ketua Panitia I Putu Gilang Suryana

Sekda Adi Arnawa dalam sambutannya mengajak pemuda pemudi ST. Taruna Jaya untuk mengingat bahwa t28 Oktober merupakan sejarah di mana 95 tahun yang lalu, pernah terjadi peristiwa heroik yang dilakukan oleh para pemuda untuk mengadakan pertemuan yang akhirnya melahirkan Sumpah Pemuda.

Dengan kondisi bangsa yang heterogenitas yang cukup tinggi terdiri dari berbagai agama, budaya, dan suku bangsa, tentu ini akan menjadi satu tantangan cukup berat dalam rangka mewujudkan tujuan bangsa terhadap kemerdekaan itu sendiri.

”Kepada generasi muda, mari tunjukan komitmen, tekad terutamanya tiga hal, yang menjadi rujukan pertemuan daripada para pemuda kita, menuju kemerdekaan dengan cara membangkitkan semangat nasionalisme, berbangsa Indonesia, satu tanah air, dan satu Bahasa Indonesia. Perayaan ulang tahun ST Taruna Jaya, sejalan dengan semangat Sumpah Pemuda dan saya mewakili Pemerintah Kabupaten Badung mengajak pemuda pemudi ST. Taruna Jaya yang secara kebetulan ulang tahunnya bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda agar selalu bersatu dan menggelorakan Sumpah Pemuda,“ ajaknya.

Di sisi lain dikatakan, tantangan kedepan cukup besar, terlebih-lebih ketahui bersama bahwa bangsa ini di Tahun 2045 ingin mewujudkan Indonesia Emas, terutamanya bagian bonus demografi.

Kepada generasi muda penerus bangsa untuk mulai memikirkan dari segi lingkup terkecil yakni desa adat.

“Mari bersama-sama tunjukan semangat, bagaimanapun juga kita ketahui bahwa, Bali khususnya Badung, merupakan daerah pariwisata berbasis budaya. Tentu saya mengajak mari kita jaga budaya kita, termasuk melestarikan seni, adat, tradisi dan budaya karena Pemkab Badung sangat mensupport kegiatan-kegiatan positif yang dilakukan oleh masyarakatnya,” ucap Adi Arnawa.

Sementara itu, Ketua Panitia I Putu Gilang Suryana dalam laporannya menyampaikan, rangkaian kegiatan HUT ST. Taruna Jaya yang sudah dilaksanakan yakni lomba Tari Condong dan Puspanjali anak-anak se-Bali, dengan jumlah peserta Tari Condong sebanyak 25 orang dan Tari Puspanjali sebanyak 43 orang.

“Saya selaku Ketua Panitia mengucapkan banyak terimakasih kepada Bapak Sekda Badung yang telah mensupport kegiatan kami, sehingga kegiatan kami bisa berjalan dengan lancar,” ucapnya. (bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!