Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Ekbis

Kayu Sintok, Kembaran Kayu Manis yang Kaya Manfaat dari Pulau Sumbawa

PEMERIKSAAN: Pejabat Karantina Sumbawa Wilker Pelabuhan Badas memeriksa 3.000 kilogram kayu sintok. Rencanya rempah tersebut akan dikirim ke pengepul di Surabaya

 

SUMBAWA, Balipolitika.com- Sintok, sepintas rempah kulit kayu-kayuan ini mirip dengan kayu manis.

Tanaman yang memiliki nama latin Cinnamomum sintoc, memiliki rasa dan aroma sangat harum, baunya menyenangkan seperti cengkih dan pala namun lebih kuat dari kayu manis.

Potongan kulit kayu sintok yang panjang dan tebal, berwarna cokelat kayu manis. Bentuknya hampir rata, rapuh, berkerut di bagian luar, dan memiliki lapisan kulit terluar berwarna abu-abu.

Rabu 28 September 2023. Pejabat Karantina Sumbawa Wilker Pelabuhan Badas memeriksa 3.000 kilogram kayu sintok. Rencanya rempah tersebut akan dikirim ke pengepul di Surabaya.

Ketut Sindia, Pejabat Karantina Sumbawa yang memeriksa menjelaskan, “Setalah dilakukan pemeriksaan, secara keseluruhan kayu sintok tersebut dinyatakan sehat dan terbebas dari organisme penganggu tumbuhan karantina (OPTK) sehingga layak dilalulintaskan,” terangnya.

Setelah semua dipastikan aman maka dapat diterbitkan sertifikat kesehatan tumbuhan antar area (KT-12). (nik/bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!