Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pemerintahan

Situasi Berangsur Normal, Pj. Gubernur Mahendra Jaya Dorong Maskapai Garuda Tambah Penerbangan ke Bali

LRT: Garuda Indonesia Siap Bantu Ngrombo Kemiskinan Ekstrim di Bali

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Penjabat (Pj.) Gubernur Bali, SM Mahendra Jaya, mengharapkan maskapai penerbangan  Garuda Indonesia bisa meningkatkan jumlah penerbangan ke Bali mengingat kondisi Pulau Dewata yang semakin menunjukkan tren pemulihan pasca pandemi Covid-19.

“Kita sekarang sudah berada di kondisi normal, mendekati situasi sebelum pandemi. Jadi saya rasa sudah selayaknya penerbangan ke Bali ditambah,” kata Pj. Gubernur Mahendra saat menerima audiensi Vice President (VP) Garuda Indonesia Regional Jawa, Kalimantan, Bali dan Nusa Tenggara, I Made Sudarma Astika di Rumah Jabatan Gubernur Bali, Jayasabha, Rabu (Buda Umanis Tambir), 27 September 2023 petang.

Apalagi menurut Pj. Gubernur, peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan LRT di Bali sudah ditargetkan dimulai pada awal tahun depan.

Seperti yang disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan usai mengikuti rapat terbatas mengenai integrasi moda transportasi publik di Istana Merdeka pada Rabu siang.

“Presiden sudah meminta agar dilakukan studi lanjutan pembangunan LRT di Bali dari Bandara  Ngurah Rai hingga Seminyak. Juga mempertimbangkan rute LRT di Bali tersebut akan dibangun hingga ke Canggu,” tukas pria kelahiran Singaraja ini.

Tak sampai disana, Pj. Gubernur Mahendra Jaya juga mengharapkan pihak Garuda Indonesia ikut Ngrombo menuntaskan kemiskinan ekstrim dan stunting di Bali. Pemprov Bali menurutnya mengajak semua pihak untuk bergotong royong mengeroyok masalah kemiskinan ekstrim dan stunting yang keberadaanya menurut Mahendra Jaya tidak adil jika dibandingkan gemerlap pariwisata di Bali.

“Mohon kalau ada CSR bisa dibantu Ini untuk kita selesaikan ‘kerak-kerak’ kemiskinan. Mereka yang penghasilannya kurang dari 12 ribu per hari tergolong ekstrim,  jangan salah sasaran. CSR bedah rumah misalnya jadi kebutuhan mendasar. Keren jika Garuda bisa membantu karena target presiden 2024 kemiskinan ekstrim nol, stunting juga nol,” imbuhnya lagi.

Sementara itu, Sudarma Astika menanggapi permintaan penambahan penerbangan ke Bali.  Menurutnya saat ini jumlah penerbangan bisa mencapai 10 flight di akhir pekan dan pada hari biasa 6-7 flight dengan jenis pesawat wide body atau Airbus.

“Saat ini kita sedang reviu. Bali memang kita prioritas dan paling tinggi kontribusinya memang Bali dan kita sedang hitung dengan keterbatasan jumlah pesawat kita juga. Rencananya ke depan kita juga akan ada penambahan armada untuk itu,” katanya.

Demikian pula dengan masalah CSR, Sudarma berjanji akan segera menindaklanjuti hal tersebut dengan pimpinan pusat PT Garuda Indonesia. “Kita pastikan akan membantu dengan fokus pada kemiskinan ekstrim ini,” tandasnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut mendampingi PJ Gubernur Bali, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali IGW Samsi Gunarta. (nik/bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!