Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

FK Unud Edukasi Kesehatan Paru-Paru di Desa Songan, Kintamani

SOSIAL: Seorang warga Desa Songan, Kintamani, Bangli memanfaatkan program sosial Program Studi Spesialis Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi, Fakulas Kedokteran, Universitas Udayana, 23 September 2023.

 

KINTAMANI, Balipolitika.com- Program Studi Spesialis Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi, Fakulas Kedokteran, Universitas Udayana selenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang berlokasi di Desa Songan, Kintamani, Bangli, 23 September 2023.

Kegiatan ini diawali dengan persembahyangan di Pura Hulundanu Batur dan Pura Tirta Hulundanu yang diikuti oleh seluruh panitia yang bertujuan untuk memohon doa dan restu agar kegiatan nanti dapat berjalan lancar tanpa terkendala apapun.

Seusai persembahyangan bersama, kegiatan kemudian dibuka oleh Ketua Departemen Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi yaitu dr. Ida Ayu Jasminarti Dwi Kusumawardani, Sp.P (K-Onk) serta Bendesa Desa Adat Songan, Jero Temu.

Dalam sambutannya, dr. Jasmin menyampaikan pentingnya menjaga kesehatan paru dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat dengan menghindari pajanan zat dan gas yang memberikan dampak negatif terhadap kesehatan seperti merokok, pajanan asap hasil pembakaran sampah rumah tangga hingga dupa.

“Selain menghindari pajanan gas, pentingnya melakukan strategi pencegahan demi menjaga kesehatan paru juga perlu dilakukan, seperti menggunakan alat pelindung diri (APD) dalam kegiatan pertanian maupun saat acara keagamaan berlangsung serta melakukan skrining fungsi paru sebagai cara untuk mengetahui kesehatan paru,” ucapnya.

Setelah pembukaan, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan dan penyuluhan dengan materi tentang polusi udara dalam ruangan serta penyakit paru obstruksi kronis.

Kegiatan ini dihadiri oleh tim kesehatan dari Program Studi Spesialis Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi FK Udayana sebanyak 48 orang dan masyarakat desa Songan yang berjumlah lebih dari 50 orang.

Kegiatan pemeriksaan kesehatan ini meliputi pemeriksaan fisik umum (tekanan darah, denyut nadi, tinggi dan berat badan) serta pemeriksaan fungsi paru dengan menggunakan Spirometer.

Kegiatan kemudian diakhiri dengan melakukan persembahyangan di Pura Hulundanu Batur. (bp/Unud.ac.id)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!