Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

Dari STMIK ke Universitas, Primakara University Siapkan Peta Jalan Sukses di Era Digital

NAIK KELAS: Founder dan Rektor Primakara University, I Made Artana, S.Kom., M.M yang berpengalaman 20 tahun di bisnis IT pasca lulus dari Universitas Indonesia mengaku siap membuka jalan selebar-lebarnya bagi generasi muda Bali meraih sukses di era digital, Rabu, 9 Agustus 2023.  

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Primakara akan menjadi masa lalu sepenuhnya. 

Kampus IT Terbaik 2020 se-Bali dan Nusa Tenggara yang beralamat di Jalan Tukad Badung No. 135 Renon, Denpasar, Bali itu tahun ini naik kelas menjadi Primakara University. 

KPU Kabupaten Gianyar KPU Kabupaten Gianyar

Founder dan Rektor Primakara University, I Made Artana, S.Kom., M.M yang berpengalaman 20 tahun di bisnis IT pasca lulus dari Universitas Indonesia mengaku siap membuka jalan selebar-lebarnya bagi generasi muda Bali meraih sukses di era digital. 

Jelasnya Primakara merayakan perubahan status yang signifikan dengan resminya bertransformasi dari STMIK menjadi Primakara University.

Bertepatan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2023, Primakara menerima Surat Keputusan (SK) sebagai universitas dari LLDIKTI Wilayah VIII. 

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer di bawah naungan Yayasan Primakara. STMIK Primakara juga salah satu universitas terbaik di Bali. 

Pada tahun 2020 menduduki peringkat 170 terbaik pemeringkatan Kementrian Pendidikan Indonesia dari 5000 lebih PTN dan PTS di Indonesia. 

Hal ini membuat STMIK Primakara menjadi kampus IT terbaik se-Bali dan Nusa Tenggara, serta 5 besar kampus swasta terbaik di Bali.

STMIK Primakara lahir atas pemikiran perkembangan dunia digital di masyarakat yang sangat cepat. 

Namun, perguruan tinggi khususnya di Bali, telat dalam melakukan penyesuaian. 

Munculnya gelombang ekonomi digital telah melahirkan perubahan besar di masyarakat yang seharusnya menjadi perhatian dari perguruan tinggi di Bali.

Keunggulan Kuliah di Primakara University tecermin dari 3 pilihan program studi unggulan, yakni S1 Sistem Informasi, S1 Teknik Informatika, dan S1 Sistem Informasi Akuntansi.

Di Program Studi S1 Sistem Informasi ini digenjot materi belajar tentang bagaimana menganalisa bisnis digital dan memastistikan komunikasi yang terjalin antara programmer dan end user dapat berjalan dengan baik. 

Selain itu, mahasiswa akan dibekali dengan kemampuan Information System Development dan Information System Management.

Di Program Studi S1 Teknik Informatika mahasiswa akan belajar kemampuan intelligent System Development, Programming serta Cyber & Network Technology sebagai kompetensi unggulan sebelum terjun ke dunia bisnis digital.

Setelah lulus dari program studi S1 Sistem Informasi Akuntansi ini, mahasiswa akan menjadi sosok sentral yang memiliki peranan yang vital dalam mengatur alur manajerial dan alur keuangan melalui keahlian

Sistem perkuliahan di Primakara University terbukti efektif dibuktikan dengan berbagai prestasi yang diraih.

Di tahun 2020, STMIK berhasil masuk ke dalam peringkat 170 Nasional Klasterisasi Perguruan Tinggi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI. 

Klasterisasi Perguruan Tinggi ini merupakan upaya Ditjen Dikti untuk melakukan pemetaan atas kinerja perguruan tinggi akademik Indonesia yang berada di bawah binaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Penilaianya yang digunakan dalam Klasterisasi Perguruan Tinggi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi ini menggunakan 4 aspek, yaitu mutu sumber daya manusia dan mahasiswa (input), pengelolaan kelembagaan perguruan tinggi (proses), capaian kinerja jangka pendek yang dicapai oleh perguruan tinggi (output), dan capaian kinerja jangka panjang perguruan tinggi (outcome). 

STMIK Primakara sendiri meraih skor total 1.444 dari empat indikator yakni Input (1.178), Proses (2290), Output (0.819) dan Outcome (1.439).

Ini terang benderang membuktikan kualitas pendidikan yang diberikan untuk mahasiswa di STMIK Primakara yang kini bernama Primakara University.

Soal fasilitas, Sebagai kampus IT dan Bisnis Terbaik 2020 Se-Bali dan Nusa Tenggara, tentunya STMIK Primakara dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk menunjang proses pembelajaran mahasiswa selama berkuliah di kampus STMIK Primakara. 

Beberapa fasilitas yang dapat mahasiswa nikmati di kampus STMIK Primakara antara lain studio musik; studio multimedia, video & foto; inkubator bisnis; ruang co-working; ruang kreatif; lab programming, data, dan bahasa; e-library; dan internet kecepatan tinggi mencakup seluruh area kampus.

Tak usah takut menuntut ilmu di Primakara University karena ada opsi pembayaran perbulan dengan Program Cicilan Danacita.

Primakara University dan Danacita bekerja sama secara resmi untuk memberikan solusi pembiayaan kuliah bagi para calon mahasiswa dan mahasiswa aktif. 

Danacita adalah perusahaan teknologi finansial yang memiliki misi untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia melalui pembiayaan pendidikan tinggi yang terjangkau.

Bersama Danacita, mahasiswa bisa melanjutkan pendidikan di Primakara University tanpa khawatir dengan kendala biaya. 

Danacita ini telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), juga tersertifikasi ISO 27001, sehingga keamanan data mahasiswa terjamin.

Danacita adalah partner resmi dari Primakara University jadi pembayaran biaya pendidikan mahasiswa akan langsung ke kampus.

Pengajuannya pun tanpa DP atau jaminan apapun dan proses pengajuan dilakukan 100 persen online dengan waktu pemrosesan maksimal 3 hari kerja. Mahasiswa juga bebas melakukan pelunasan lebih awal tanpa penambahan biaya apapun. (bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!