Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pemerintahan

Ngeri, 8 Lomba Utsawa Dharma Gita Badung 2023 Telan Biaya Rp1,2 Miliar

SAAT GURU BAHASA BALI TERLUNTA-LUNTA: Sekda Adi Arnawa buka Utsawa Dharma Gita Kabupaten Badung Tahun 2023 di Lobi Balai Budaya Giri Nata Mandala, Puspem Badung, Senin, 29 Mei 2023.

 

MANGUPURA, Balipolitika.com- Sekretaris Daerah I Wayan Adi Arnawa membuka Utsawa Dharma Gita Kabupaten Badung Tahun 2023 di Lobi Balai Budaya Giri Nata Mandala, Puspem Badung, Senin, 29 Mei 2023.

Dalam kegiatan yang diikuti 402 peserta lebih perwakilan dari 6 Kecamatan se-Badung ini Adi Arnawa mengapresiasi jajaran Widyasabha Badung.

Termasuk pembina kecamatan yang melaksanakan pembinaan di tingkat desa dan kelurahan. 

“Ini merupakan agenda yang tepat untuk dilaksanakan pemerintah dalam pelestarian adat dan budaya,  paling penting adalah penampilan dari parade ini yang salah satunya dari pembacaan sloka sudah menggunakan translate ke bahasa inggris. Hal ini merupakan suatu kelebihan yang harus terus didorong dimana Badung ini merupakan destinasi wisata untuk perlu mempertimbangkan kemajuan-kemajuan teknologi seperti saat ini,” ucapnya.

Ia meminta kepada Widyasabha selaku tim pengembang untuk membina yowana sekaligus mendorong desa/kelurahan membentuk Widyasabha tingkat desa/kelurahan.

“Bagaimana pun untuk mendapatkan atlet Utsawa Dharma Gita diperlukan dukungan oleh semua komponen termasuk desa dan kelurahan,” tegasnya.

Kadisbud Badung I Gde Eka Sudarwitha melaporkan Utsawa Dharma Gita Badung digelar 29-31 Mei 2023 dan mempertandingkan 8 lomba, yaitu Dharma Wacana Bahasa Bali, Dharma Wacana Bahasa Inggris, Kidung Campuran, Membaca Geguritan, Membaca Kekawin, Membaca Palawakya, Membaca Sloka, Menghafal Sloka dengan 37 kategori.

Dana Kegiatan ini bersumber dari APBD Badung senilai Rp1,2 M. Pemenang lomba akan mewakili Badung di tingkat Provinsi Bali pada September 2023 dan selanjutnya mempersiapkan Utsawa Dharma Gita Nasional Tahun 2024 di Yogyakarta. (bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!