Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Politik

3 Kursi Lenyap di 2019, Golkar Bidik 13 Kursi DPRD Bali di Pemilu 2024

MAU NAMBAH: Salah satu aksi kader Golkar Bali, Nyoman Satuhedi, S.Sos, bacaleg DPRD Bali Dapil 5 (Buleleng) saat mendaftar ke KPU Bali diiringi ribuan massa, Minggu, 14 Mei 2023.

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Tiga incumbent Golkar gagal mempertahankan kursi di Pemilu Legislatif 2019 silam. Mereka yang kursinya lenyap adalah I Made Dauh Wijana dari Dapil Gianyar, Ida Bagus Pada Kusuma dari Dapil Badung, dan Ida Bagus Gede Udiyana dari Dapil Denpasar.

Penurunan jumlah kursi dari 11 menjadi 8 berbanding terbalik dengan rival terberat Golkar Bali, yakni PDI Perjuangan.

Di Pileg 2019 PDIP terlampau tangguh bagi parpol lainnya. PDIP menguasai perolehan kursi DPRD Bali dengan raihan 33 dari 55 kursi.

Jumlah ini disumbangkan masing-masing 4 kursi dari Badung, 5 kursi dari Denpasar, 4 kursi dari Tabanan, 2 kursi dari Jembrana, 6 kursi dari Buleleng, 2 kursi dari Bangli, 2 kursi dari Klungkung, 3 kursi dari Karangasem, dan 5 kursi dari Gianyar.

Akibat posisi PDIP yang sangat dominan, Golkar Bali harus menerima kenyataan hanya menyisakan Dr. I Nyoman Sugawa Korry, SE, MM, Ak, CA, I Wayan Rawan Atmaja, SIP, SH, I Made Suardana, ST, I Nyoman Wirya, S.Sos, Ni Putu Yuli Arhini, SE, I Ketut Suwandhi, S.Sos, Drs. I Wayan Gunawan, dan I GK Kresna Budi untuk masa bakti 2019-2024.

Minus Sugawa Korry yang melaju ke DPR RI dan I Wayan Gunawan yang namanya tidak tercantum dalam DCS, Partai Golkar Bali yang mendaftarkan para bacalegnya, Minggu, 14 Mei 2023 datang dengan optimis mendaftarkan bakal 55 calon legislatif (bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bali.

Ketua DPD Partai Golkar Bali, I Nyoman Sugawa Korry  diantar oleh “Dewa Kresna” menggunakan dokar dan diiringi  empat sekaa gong baleganjur serta ribuan massa.

Sugawa Korry diantar kusir yang disebutnya sebagai representasi dari Dewa Kresna, yakni figur yang menegakkan kebenaran. Dijelaskan di ujung kiri dokar ada Kober Maruti dan figur Hanoman.

“Artinya Partai Golkar dikusiri oleh figur yang ingin menegakkan kebenaran dan keadilan. Kami berdoa dari representasi kekuatan itu semoga Golkar mendapat dukungan dan  motivasi untuk perjuangan Partai Golkar,” ucapnya.

Dari kini berjumlah 8 kursi, Golkar Bali memasang target 13 kursi DPRD Bali di Pileg 2024.

Dalam pesta demokrasi ini,  pihaknya ingin adu ide dan gagasan demi terwujudnya keseimbangan kekuatan sosial dan politik.  Untuk bakal calon sementara yang didaftarkan adalah orang yang siap bertarung di Pileg2024 dengan  mengusung motto perjuangan mewujudkan politik kesejahteraan melalui implementasi doktrin karya dan kekaryaan.

Rincinya bacaleg yang didaftarkanberkualitas unggul dari segi pendidikan. Ada 8 doktor yang mendaftar plus didominasi kader dengan jenjang pendidikan S-2 dan S-1.

“Kualitas SDM adalah ciri yang dikedepankan.Muaranya terwujudnya Pemilu yang bersih jujur adil, dan damai. Lahir calon yang berkualitas mampu bertarung ide dan gagasan,” terangnya. (bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!