Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pemerintahan

Diguyur Rp911 Miliar, Pura Besakih Disebut Mirip Mall

MEWAH: Gede Julius dari Gianyar yang memanfaatkan Gedung Parkir Barat Area Manik Mas memuji kondisi terkini Pura Besakih.

 

KARANGASEM, Balipolitika.com Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo meresmikan pembangunan Fasilitas Kawasan Suci Pura Agung Besakih, di Kabupaten Karangasem, Bali, Senin, 13 Maret 2023. Tak main-main anggaran pemugaran yang dihabiskan cukup besar, yakni mencapai Rp911 miliar.

“Hari ini saya sangat bahagia berada di kawasan Pura Agung Besakih, Pura yang sangat disucikan bukan hanya umat hindu di Bali tapi seluruh nusantara,” kata Jokowi dalam pidatonya.

Ia membeberkan total anggaran untuk membangun fasilitas ini sebesar Rp911 miliar. Rinciannya Rp428 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)  dan Rp483 miliar dari APBD Semesta Berencana Pemerintah Provinsi Bali.

Pemedek pun terpukau dengan kondisi kawasan Pura Besakih terkini. Gede Julius dari Gianyar yang memanfaatkan Gedung Parkir Barat Area Manik Mas (Kreta Graha Kulon) mengatakan parkir di Besakih kini tertata secara rapi dan wah.

“Titiang baru masuk ke sini, cara ke mall, kondisinya sangat mewah, dan mobil kita lebih aman, tidak terkena hujan atau tidak kepanasan,” ucapnya sembari mengajak krama Bali menjaga fasilitas bagus yang dibangun di era Presiden Jokowi tersebut. (bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!