Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

Stop Makanan Siap Saji, Cegah Serangan Jantung Sejak Dini

LPPM TALKS: Ni Kadek Ayu Suarningsih mengidentifikasi pengetahuan sikap dan perilaku remaja dalam melakukan pencegahan penyakita jantung pada Senatek 2022. 

 

DENPASAR, Balipolitika.comNs. Ni Kadek Ayu Suarningsih, S.Kep., MNS., dalam SENASTEK 2022 mempresentasikan temuan penelitian mengenai pembuatan sebuah program yang diberi nama School Based Cardiovascular Program untuk remaja.

Tahap pertama penelitian ini dilakukan dengan mengidentifikasi dan menilai faktor resiko remaja menderita penyakit jantung di masa mendatang.

Adapun faktor yang dinilai berdasarkan pengetahuan, sikap dan perilaku remaja dalam melakukan pencegahan penyakit jantung.

Hasil penelitian menunjukkan mayoritas remaja sudah mengetahui faktor-faktor penyebab penyakit jantung bahkan memiliki sikap positif terhadap penyakit jantung.

Sayangnya hal tersebut tidak sejalan dengan perilaku dalam menghindari faktor risiko penyakit jantung.

Remaja masih saja melakukan hal-hal yang tidak sehat, contohnya cenderung mengonsumsi makanan siap saji, minim aktivitas fisik serta jarang mengkonsumsi buah dan sayur.

Dengan demikian, sikap positif yang ditunjukkan remaja belum tentu bisa diikuti oleh perilaku sehari-hari.

Dosen Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Udayana ini menyelesaikan pendidikan terakhir dengan gelar Magister Keperawatan di Prince of Songkla University Thailand turut berpartisipasi sebagai peserta dalam kegiatan SENASTEK dari Universitas Udayana Tahun 2022 yang dilaksanakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNUD di The Patra Bali Resort & Villas.

Ia mempresentasikan judul penelitiannya yaitu Pengetahuan Sikap dan Perilaku Remaja dalam Pencegahan Penyakit Jantung.

Kesan-kesan yang disampaikan setelah lima kali berturut-turut mengikuti kegiatan SENASTEK hingga kegiatan SENASTEK yang ke IX tahun 2022 ini yaitu, sangat senang bisa berbagi informasi dalam seminar ini, karena dengan adanya kegiatan SENASTEK ini dapat mewadahi para peneliti untuk terkoneksi dalam berbagi ilmu serta jejaring yang tentunya tidak hanya diberikan untuk mahasiswa tetapi kepada semua kalangan. (bp/Unud.ac.id)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!