Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pemerintahan

Suwirta Pimpin Klungkung Puputan Sampah Plastik

SAMPAH KALAHKAN PIMPINAN DAERAH: Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta memimpin aksi bersih-bersih sampah plastik di Pantai Watu Klotok, Jumat (22/4/2022).

 

SEMARAPURA.Balipolitika.com– Sambut peringatan Hari Puputan Klungkung Ke-114, HUT Kota Semarapura ke-30, dan Hari Bumi Tahun 2022, Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta memimpin aksi bersih-bersih sampah plastik di Pantai Watu Klotok, Jumat (22/4/2022). Bupati Suwirta hadir bersama Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung, Ny. Ayu Suwirta, Sekrataris Daerah Kabupaten Klungkung, I Gede Putu Winastra, dan Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Klungkung.

Suwirta menggelorakan perang terhadap sampah plastik melalui Gema Tansaplas dan puputan sampah plastik. “Puputan ini merupakan sebuah gerakan habis-habisan di tengah upaya kita memerangi sampah plastik yang belum selesai. Maka dari itu puputan ini sebagai upaya dan langkah kita bersma menyelesaikan sampah plastik,” ujar Bupati Suwirta.
Selain untuk bersih-bersih, Bupati Suwirta juga mengingatkan kepada masyarakat supaya turut memberantas sampah plastik dari lingkungan masing- masing. “Apa yang kita lakukan hari ini, sebagai gerakan masyarakat puputan sampah plastik untuk menuntaskan permasalahan sampah plastik. Terkait pemanfaatan plastik untuk hal-hal tertentu mari kita sikapi dengan bijak, jangan sampai terlalu banyak menggunakan plastik,” tandasnya.
Di Tempat terpisah Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta memimpin aksi bersih sampah plastik di Pantai Tegal Besar, Desa Negari, Kecamatan Banjarangkan. Aksi ini diikuti oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perijinan Terpadu Satu Pintu, Dinas Kopcrasi, UKM Perindustrian dan Perdagangan, Bagian Umum Setda Kab. Klungkung, Bagian Administrasi Pembangunan, Perekonomian dan Sumber daya Alam (SDA) Setda Klungkung dan Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Klungkung, I Ketut Suadnyana mengatakan bersih-bersih sampah plastik digelar serempak di 4 kecamatan dan dipusatkan di Pantai Watu Klotok, Pantai Segara Kusamba, Pantai Tegal Besar, Pantai Lepang, dan Pantai Sampalan Nusa Penida. “Kesadaran untuk menjaga lingkungan dan alam sekitar masih sangat kurang, terutama masalah sampah, untuk itu kesadaran ini harus terus diupayakan bahkan harus dibangun agar menjadi budaya di masyarakat,” ujar Ketut Suadnyana. (lit/bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!