Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Ekbis

Dukung 20.000 Pelaut Bali Kembali Berlayar, Koster: Harus Segera Divaksin

DENPASAR, BaliPolitika.Com- Informasi tentang 20.000 orang pelaut Bali yang dinantikan kesiapannya untuk kembali berlayar bukan isapan jempol belaka. Tak mau kesempatan itu sirna, Kesatuan Pelaut Indonesia (The Indonesian Seafares’ Union) Cabang Bali pun bergerak cepat. Ketua KPI Wilayah Bali dan IBT, I Dewa Putu Susila mengirim surat permohonan prioritas fasilitasi vaksin untuk pelaut kapal pesiar berbendera asing kepada Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Republik Indonesia. Surat dengan nomor 004/SE.-KPI/Bali/II/2021 itu juga disebut sudah sampai di tangan Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kemenko Maritim dan Investasi Repulik Indonesia, Basilio Dias Araujo.

KPI Bali diketahui juga sudah menggelar audiensi dengan Gubernur Bali Wayan Koster untuk mengamankan peluang emas yang berpeluang sirna alias hilang bila tidak ditanggapi serius itu. Kepada orang nomor satu di Pulau Bali itu, I Dewa Putu Susila memaparkan rencana perekrutan dan penempatan 26.000 pelaut Indonesia, khususnya asal Bali di 5 armada kapal pesiar berbendera asing sangat jelas. Pertama, Carnival Corporation & plc (Carnival, Holland, America L., Costa, AIDA, P&O Cruises, Cunard Line, Seaborn). Rencana jumlah yang direkrut 12.000 pelaut, jadwal keberangkatan mulai dibuka April 2021. Kedua, RCI (Royal Celebrity International) Rencana jumlah yang direkrut 8.000 pelaut, jadwal keberangkatan mulai dibuka April 2021. Ketiga, Norwegian Cruise Lines (NCL). Rencana jumlah yang direkrut 2.000 pelaut, jadwal keberangkatan mulai dibuka April 2021. Keempat, Mediteranian Shipping Company (MSC). Rencana jumlah yang direkrut 4.000 pelaut, jadwal keberangkatan mulai dibuka April 2021. Kelima, Pulmantur, Fred. Olsen, Silversea, Windstar, Compagnie du Ponant, Saga, Star, Clipper, Marella, Viking, Paul Gauguin, Menschip, TUI, dan lain-lain. Rencana jumlah yang direkrut 2.000 pelaut, jadwal keberangkatan mulai dibuka April 2021.

“Seluruhnya menyatakan sudah siap merekrut dan mempekerjakan kembali para pekerja kapal pesiar. Bahkan pihak prinsipal kapal sudah siap membiayai vaksinasi terhadap calon pelaut yang akan dipekerjakan tersebut,” tandasnya. Ditambahkan Dewa Susila, sesuai imbauan Guy Platten, Sekjen International Chamber of Shipping (ICS) govermments must class seafarers as key workers and give them priority access to the vaccine. “Sebagai perbandingan negara tetangga Singapura telah memprioritaskan lebih dari 10.000 pekerja maritim telah divaksinasi Covid-19 sampai pada akhir Januari 2021.

Atas penyampaian tersebut, dikonfirmasi terpisah, Gubernur Bali Wayan Koster menekankan kesempatan emas para pelaut Bali kembali berlayar tak boleh disia-siakan. Tegasnya para “pahlawan devisa”, khususnya yang tergabung di Kesatuan Pelaut Indonesia (The Indonesian Seafares’ Union) Cabang Bali harus mendapatkan vaksin prioritas karena tenaga mereka dibutuhkan dan dinantikan oleh 5 armada kapal pesiar di luar negeri yang akan segera berlayar. “Saya, Wayan Koster, Gubernur Bali siap membantu vaksinasi para pelaut Bali yang bekerja di sektor kapal pesiar. Silakan mendaftar di masing-masing kabupaten. Bila ada kendala, silakan langsung ke Dinas Kesehatan Provinsi Bali agar segera bisa dilayani. Kita harus menjaga kepercayaan dunia internasional sehingga denyut nadi utama perekonomian Bali, yakni sektor pariwisata kembali bangkit,” tegasnya. (bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!