Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Internasional

Upacara Segara Kerthi Siap Sapa Delegasi World Water Forum X

KEARIFAN LOKAL: Sekretaris Daerah Provinsi Bali, Dewa Made Indra dalam konferensi pers yang digelar Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) bertajuk “Persiapan Bali sebagai Tuan Rumah World Water Forum ke-10” di Jakarta, Selasa, 7 Mei 2024.

 

JAKARTA, Balipolitika.com- Pemerintah Provinsi Bali akan mengajak para delegasi World Water Forum ke-10 menyaksikan upacara Segara Kerthi sebagai simbol bahwa air merupakan komponen penting bagi kehidupan.

Upacara ini menunjukkan bahwa masyarakat Bali memperlakukan dan menjaga air tidak hanya dari sisi fisik tata kelolanya, tapi juga hingga kehidupan spiritual.

“Tata kelola air oleh masyarakat Bali sudah sejak turun temurun dilakukan berdasarkan kearifan lokal. Ini kekuatan budaya yang bisa menjadi contoh baik dan menarik bagi delegasi. Seluruh delegasi akan diajak menyaksikan upacara tersebut di Pantai Kura-Kura,” ujar Sekretaris Daerah Provinsi Bali, Dewa Made Indra dalam konferensi pers yang digelar Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) bertajuk “Persiapan Bali sebagai Tuan Rumah World Water Forum ke-10” di Jakarta, Selasa, 7 Mei 2024.

Segara Kerthi mengandung makna air sebagai sumber alam tempat leburnya semua kekeruhan, yang harus dilestarikan dengan tidak melakukan pencemaran dan perusakan lingkungan serta menjaga nilai-nilai kesucian dan keasriannya.

Selain Segara Kerthi, kekuatan budaya lokal yang diyakini menjadi daya tarik delegasi adalah Tari Pendet oleh remaja putri saat tamu negara tiba.

Untuk tamu kepala negara, tarian tersebut bahkan dilakukan di depan tangga pesawat, sedangkan delegasi lainnya dilakukan di pintu masuk gedung VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Dewa Made Indra memastikan seluruh rangkaian penyambutan tamu di World Water Forum ke-10 yang digelar pada 18–25 Mei 2024 tersebut akan terselenggara dengan lancar.

Sebagai tuan rumah, Pemprov Bali bahkan akan memberikan pelayanan layaknya bagi tamu agung seperti acara internasional sebelumnya yang diselenggarakan di Pulau Dewata.

“Sejak H-2 nanti mulai dari kawasan Bandara I Gusti Ngurah Rai hingga hotel dan jalanan-jalanan yang akan dilalui delegasi saat side event, penjor-penjor yang dalam masyarakat Bali menandakan penyambutan tamu agung sudah dipasang,” ujarnya.

Pemasangan Penjor sudah dilakukan sejak dari Gedung VVIP, pintu keluar bandara dan beberapa titik menuju penginapan delegasi di area Nusa Dua serta lokasi acara (Area Nusa Dua, GWK, BTID, Museum Subak Tabanan, dan Jatiluwih).

Bagi pemerintah provinsi dan kabupaten kota di Bali, katanya, kepercayaan dunia tersebut harus dibalas dengan persiapan matang hingga ke hal paling detail; misalnya rambu lalu lintas, kebersihan, dan keindahan.

“Ini menjadi tanggung jawab yang besar bukan hanya untuk Bali, tapi Indonesia secara keseluruhan di mata dunia,” katanya.

Maka itu, katanya, koordinasi dengan pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) termasuk TNI/Polri dan pihak lain, hingga saat pelaksanaan nanti terus dilakukan.

Semua institusi dari pemerintah pusat sampai daerah, akan bekerja sama agar acara itu dapat terlaksana dengan baik.

Dewa Made Indra pun mengajak masyarakat Bali saat Worold Water Forum ke-10 nanti agar membatasi kegiatan di luar rumah demi kelancaran dan kesuksesan kegiatan. (bp/ken)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!