Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pariwisata

8 Tempat Wisata Menarik dan Estetik di Kukar dan Sekitar IKN Kaltim

BATU DINDING: Batu Dinding Merupakan Salah Satu Daya Tarik Wisata di Mahakam Ulu, Kampung Long Melaham, Kecamatan Long Bagun, Kalimantan Timur 

 

KUTAI KARTANEGARA Balipolitika.com- Inilah 8 tempat wisata paling menarik dan estetik di Kukar (Kutai Kertanegara) dan sekitar IKN (Ibu Kota Nusantara). Maing-masing tempat wisata ini memiliki pesonanya sendiri yang dikelilingi fenomena alam yang masih sangat asri nan hijau, estetik dan menakjubkan untuk dinikmati saat berlibur. Banyak estetika alam menarik yang disuguhkan untuk pengunjungnya. Misalnya pemandangan alam yang membuat siapapun yang memandang akan terpesona dengan keindahan alamnya. Berikut 8 tempat wisata tersebut:

Pulau Kumala

Pulau Kumala adalah tempat wisata di Sungai Mahakam yang memanjang hingga ke sebelah barat Kota Tenggarong. Lokasi Pulau Kumala terletak di tengah Sungai Mahakam yang menjadi taman rekreasi favorit wisatawan. Saat ini, Pulau Kumala menyediakan fasilitas umum berupa sky tower setinggi 100 meter untuk menikmati keindahan kota dari ketinggian. Tak hanya itu, masih ada kereta api mini, area permainan anak-anak, dan kereta gantung yang menghubungkan dengan daratan.

Wisata Bukit Biru

Tempat wisata ini cocok dikunjungi saat liburan dengan teman-teman. Dari atas bukit kamu akan menemukan keindahan alam yang memesona. Waktu berkunjung ke Wisata Bukit Biru yang paling direkomendasikan adalah sore hari sambil menikmati pesona sunset. Kamu bisa berfoto di puncak Wisata Bukit Biru dengan mendapatkan siluet menarik. Wisata Bukit Biru lokasinya berada di Jalan Pahlawan, Bukit Biru, Kec. Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Tabang Zoo

Tempat wisata selanjutnya yang tak kalah menarik adalah Tabang Zoo, tempat ini menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi. Untuk lokasi Tabang Zoo sendiri berada di Buluk Sen, Kec. Tabang, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Tempat Tabang Zoo ini berada di dalam kawasan perkantoran, PT Bayan. Sebab, kebun binatang atau mini zoo ini adalah milik PT Bayan Group. Menurut Google Maps, jarak tempuh menuju Tabang Zoo dari Balikpapan yaitu sekitar 9 jam. Sedangkan, dari Bontang perlu waktu 7 jam ke Tabang Zoo.

Di Tabang Zoo terdapat banyak koleksi satwa. Terdapat kurang lebih 174 jenis satwa dengan luas area 5 hektar. Koleksi satwanya tak kalah lengkap seperti Taman Safari Indonesia. Ada orang utan, kuda, keledai, monyet, harimau, rusa, juga aneka-aneka burung. Tak lupa juga ada aneka tanaman langka yang ada di kalimantan.

Air Terjun Tembinus

Air Terjun Tembinus tersembunyi di dalam jantung hutan yang dalam. Lebih tepatnya, lokasinya terletak di Kecamatan Sepaku. Air terjun ini berada dalam wilayah Hak Guna Usaha milik PT ITCI Hutani Manunggal (IHM) dan terletak di dalam kawasan lokasi IKN. Tempat ini merupakan pilihan yang sangat sesuai bagi para wisatawan berjiwa petualang. Agar bisa sampai di Air Terjun Tembinus, para wisatawan perlu melakukan perjalanan selama sekitar 3 jam dari Kecamatan Penajam, ibu kota dari Kabupaten PPU. Perjalanan ini melibatkan melewati akses jalan yang dimiliki oleh perusahaan PT IHM.

Batu Dinding

Tempat ini merupakan wisata alam yang beru terdengar di Kalimantan Timur. Meskipun belum dikelola secara resmi oleh pemerintah, organisasi masyarakat ikut ambil bagian menjaga ketertiban dan kenyamanan pengunjung.

Wisata ini sangat cocok untuk para pencinta wisata adventur dan traveling. Batu Dinding menyajikan pemandangan yang asri, sejuk, tenang, sekaligus menegangkan. Bagaimana tidak, batu dinding adalah bukit batu, dari bebatuan pasir dan batuan keras yang tersusun dan menjulang di tengah hutan. Hutan sekeliling masih asri. Kedua sisinya langsung berbatasan dengan jurang curam. Menurut warga setempat, dinamakan batu dinding karena dari kejauhan bentuknya menyerupai dinding. Sementara di kanan dan kirinya masih di keliling hutan dengan pohon-pohon yang tinggi.

Batu Dinding menjadi bukit yang paling nyaman untuk menikmati pesona terbitnya matahari (sunrise) dan matahari terbenam (sunset). Untuk mendapatkan momen sunrise dan sunset perlu estimasi waktu yang tepat. Jika ingin menikmati sunrise, hendaknya para pengunjung sampai di lokasi wisata selambat-lambatnya dinihari pukul 04.00 Wita.

Sedangkan bagi yang ingin menikmati sunset, maksimal sudah berada di lokasi pada pukul 16.00 Wita. Jalan menuju lokasi masih relatif sulit dijangkau. Bila kesehatan anda tidak fit betul, tidak kuat berjalan jauh, mendaki pula, sebaiknya jangan coba-coba ke lokasi. Ibu hamil, anak-anak serta orang jompo pun tidak direkomendasikan mendatangi batu dinding. Sebab pengunjung akan meniti jalan setapak untuk mendapatkan sensasi perjalanan menyusuri hutan. Dengan berjalan kaki, anda merasakan sejuknya perjalanan, indahnya pemandangan perkebunan buah naga, jeruk sunkist dan karet, sekaligus sebagai pemanasan fisik sebelum mendaki puncak bukit.

Ladang Budaya (Ladaya)

Tempat wisata ini memiliki mini zoo dengan beberapa koleksi binatang khas Kalimantan Timur. Seperti burung enggang, beruang madu, uwa-uwa, serta adapula burung merak. Ladaya juga menyediakan beberapa spot foto menarik dan instagramable yang bisa kamu gunakan untuk selfie. Ladaya berlokasi di Jalan H. Bachrin Seman, Mangkurawang, Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Harga tiket masuk ke Ladaya mulai dari Rp 5.000 per orang.

Bukit Bengkirai

Tempat healing pertama adalah Bukit Bengkirai yang menjadi rekomendasi terbaik tempat yang wajib kalian kunjungi. Bukit Bengkirai berada di antara Kota Balikpapan dan wilayah IKN Nusantara. Di sini, pengunjung dapat melihat ribuan jenis pohon yang menyelimuti Bukit bengkirai. Ada tanaman obat-obatan seperti kayu bajakah, dan jenis tumbuhan obat-obatan lainnya.

Pengunjung juga bisa menyeberangi Canopy Brigde sepanjang 64 meter. Jembatan gantung ini berada di ketinggian 25 sampai 30 meter. Saat melintasi Canopy Brigde, wisatawan bisa menyaksikan pemandangan hutan. Ada pula fasilitas wisata hutan lainnya, antara lain flying fox, swing line, wall climbing, dan jembatan jaring. Lokasi Bukit Bangkirai ini berada di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Gua Batu Tapak Raja

Destinasi wisata selanjutnya adalah Gua Batu Tapak Raja. Gua ini terletak di Desa Wonosari, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), hanya sejauh beberapa langkah ke Timur dari titik nol. Gua Batu Tapak Raja memiliki daya tarik yang unik karena menyimpan beragam cerita dari masa lampau. Oleh karena itu, tidak heran jika tempat ini dianggap sebagai salah satu destinasi wisata bersejarah yang signifikan di dalam kompleks IKN. (dp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!