Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Politik

Partai Beringin Melesat, Pepet Banteng Kuasai DPR RI

Penghitungan Sementara Sudah 15.09 Persen

PARTAI GOLKAR BERKIBAR: Per Rabu 21 Februari 2024, Hasil rekapitulasi sementara real count KPU  menunjukkan suara Golkar sudah di angka 15,09%, mengejar PDI-Perjuangan.

 

JAKARTA, Balipolitika.com- Hasil rekapitulasi sementara real count KPU yang diunggah di pemilu2024.kpu.go.id, per Rabu 21 Februari 2024, menunjukkan suara Golkar sudah di angka 15,09%, berada di posisi kedua di bawah PDI-Perjuangan.

Dengan perolehan suara tersebut, akankah jumlah kursi Partai Golkar dapat melebihi kursi PDIP dan bisa merebut kursi Ketua DPR?

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Golkar, Maman Abdurrahman, menyebut pihaknya enggan memprediksi hal tersebut. Ia hanya berharap yang terbaik untuk partainya.

“[Jumlah kursi parlemen bakal lebihi PDIP] tentunya kami tidak berani berandai-andai, mas, kami tidak berani berandai-andai. Yang kita harapkan hanyalah yang terbaik,” kata Maman kepada wartawan di kawasan Senayan, Jakarta, Rabu 21 Februari 2024.

Maman menjelaskan, yang menjadi fokus perhatian partainya saat ini adalah bagaimana mengawal proses penghitungan suara hingga selesai.

“Yang penting bagi kami saat ini terus mengawal proses penghitungan ini dari aspek yang legal perhitungannya,” katanya.

Di sisi lain, Maman juga mengungkapkan alasan partainya mendapatkan kenaikan suara dari pileg sebelumnya, yaitu, salah satunya, adalah karena ada efek endorsement dari pasangan Prabowo-Gibran.

“Harus kita akui ini juga berkat dari endorsement dari pak Prabowo di beberapa titik. Kalau kita lihat kampanye-kampanye partai Golkar dengan Pak Prabowo dan Mas Gibran itu juga memberikan efek positif yang luar biasa karena tidak sedikit Pak Prabowo itu meng-endorse calon-calon dari partai Golkar di tiap-tiap dapil,” kata dia.

Dia pun mengapresiasi sikap dari Prabowo. Maman menuturkan, meskipun Prabowo juga seorang ketua umum partai, dia juga dapat menempatkan posisinya sebagai capres.

“Beliau [Prabowo] bisa menempatkan diri pada posisi in the middle, jadi artinya ini kan terlihat dari sebaran distribusi peningkatan suara tidak hanya ada di Gerindra justru ada di semua partai koalisi dan itu kita acungi jempol dan kita berterima kasih sekali kepada Pak Prabowo,” ujar Maman.

Maman mengatakan berdasarkan hitung-hitungan sementara, Partai Golkar bisa meraup 102 kursi DPR. Bila hasil perhitungan menunjukkan tren, paling tidak kursi DPR dari Golkar antara 99-112 kursi.

Partai Golkar memang tengah menargetkan bisa meraih kursi Ketua DPR. Meski suara masih berada di bawah PDIP, tapi bila sebaran penerima kursi lebih banyak, bukan tidak mungkin kursi ketua DPR bisa diraih.

“Ya, optimistis kan harus, untuk saat ini kan suara-suara menunjukkan kita cukup baik, artinya tidak hanya dari perolehan, tapi juga dari sebaran [kursi],” kata Ketua DPP Partai Golkar, Meutya Hafid kepada wartawan usai mendampingi Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo Subianto meresmikan RS PPN Panglima Besar Soedirman, Bintaro, Jakarta Selatan, Senin 19 Februari 2024.

“Karena kalau untuk DPR 1 yang penting itu juga bukan jumlah suara, tapi sebaran kursi. Nah, Golkar ini cukup merata, kemarin kita lihat,” ujarnya.(bp/luc)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!